Tips Mengatasi Kurang Tidur

Tips Mengatasi Kurang Tidur - Bagi Anda yang mempunyai jam kerja yang tidak terbatas masalah kurang tidur jangan dianggap remeh, kurang tidur ini mempunyai efek negative yang sangat luar biasa terutama jika kurang tidur dalam jangka waktu lama, kekurangan tidur sebagian besar dialami oleh orang-orang yang bisa membawa pekerjaannya kemana saja dan bisa dikerjakan kapan saja.

Jenis pekerjaan yang bisa dibawa kemana saja dan bisa dikerjakan kapan saja jaman sekarang sudah menjadi hal yang mudah dilakukan, dahulu kala sebelum teknologi berkembang suata pekerjaan hanya bisa dilakukan di satu tempat saja misal hanya dapat dilakukan di kantor ataupun hanya dapat dilakukan ditempat tertentu namun kini dikarenakan kemajuan teknoligi semakin maju beberapa jenis pekerjaan bahkan pekerjaan yang dulunya hanya bisa dikerjakan di satu tempat kini bisa dibawa ke rumah atau dibawa kemana saja dan bisa dekerjakan kapan saja terutama pekerjaan yang berhubungan dengan dunia online.

hal diatas menyebabakan jam kerja menjadi tidak teratur penyebabanya selain tuntutan pekerjaan yang harus segera di selesaikan juga karena pekerjaan tersebut merupakan sebuah pekerjaan yang menimbulkan kepenasaran atau pekerjaan yang sangat disukai, jika sudah meimbulkan penasaran atau pekerjaan yang disukai maka bisa dikerjakan tanpa terbatas waktu yang akhirnya mengurangi waktu untuk istirahat.

Bagi Anda yang mengalami hal tersebut diatas ada satu tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi kekurangan tidur yaitu dengan melakukan rileksasi.

Misalnya Anda melakukan pekerjaan yang rata-rata pekerjaan tersebut dilakukan selama 12 jam sd 20 jam perhari bisa melakukan rileksasi diantara 8 sd 20 jam tersebut atau kapan saja antara jam tersebut sesuai kebutuhan, rileksasi ini haruslah bukan tidur namun benar-benar relaksasi, rileksasi sangat berbeda dengan tidur, tidur terkadang tubuh dan pikiran kita tidak benar-benar istirahat terutama jika mengalami mimpi buruk.

Melakukan rileksasi bisa sambil tiduran atau sambil duduk namun karena ini merupakan rileksasi untuk mengatasi kekurangan waktu tidur yang cukup panjang maka silahkan lakukan rileksasi sambil tiduran terutama ditempat yang empuk.

* Rilek-kan semua bagian tubuh mulai dari kepala bagian atas, mulai dengan mengatakan secara detail : kening Saya rileks, kedua mata Saya rilek, hidung Saya rileks, pipi Saya rileks, mulut Saya rileks, kedua telinga Saya rileks, dagu Saya rileks, kepala Saya rileks, leher Saya rileks, bahu Saya rileks, tangan kanan Saya rileks, tangan kiri Saya rileks, dada Saya rileks, perut Saya rileks, pinggang Saya rileks dan teruskan kebagian tubuh Anda lainnya secara detail sampai ke ujung jari-jari kaki

Kata rileks tersebut sebutkan dalam setiap hembusan napas santai, rasakan desiran-desiran santai pada setiap bagian tubuh yang Anda sebutkan ( perintahkan setiap tubuh Anda secara detail diiringi perasaan santai dan fokus namun bukan fokus yang membuat Anda terbebani tetapi sekali lagi fokus yang santai )

* Bersihkan semua pikiran, mulailah dengan memikirkan hal-hal yang menyenangkan, seberat apapun tekanan yang sedang dialami pikirkanlah hal-hal yang menyenangkan, tanamkan keinginan positif dan tujuan positif Anda.

* Tubuh Anda akan terasa membaur dengan tempat Anda tidur yang akhirnya Anda akan merasa seperti melayang dan ketika terbangun maka tubuh Anda akan terasa segar.

Perlu diingat, jangan sampai tertidur, mungkin Anda akan tetap sadar akan situasi sekeliling dan tetap akan mendengar apa yang terjadi di sekeliling namun tetap dalam keadaan rileks.

Lakukan sekitar 30 sd 60 menit, jadi jika Anda bekerja selama 20 jam maka akan dikurangi waktu rileksasi 1 jam dan 4 jam untuk tidur seperti biasa, rileksasi yang benar-benar rileks akan menggantikan waktu tidur selama beberapa jam.