Tips Dasar SEO

Tips Dasar SEO - Bagi Anda yang baru mengenal SEO rasanya terlalu banyak yang harus di pelajari dan terkadang bingung mau melangkah darimana dan apa yang harus dilakukan, ini biasa bagi semua orang yang baru memulai belajar SEO namun sebenarnya ada hal yang mendasar dari semuanya yang bisa Anda lakukan.

Hal mendasar ini bukanlah tehnik yang rumit tetapi merupakan sebuah penerapan dimana kita harus berpikir bahwa tujuan adanya media online ini untuk dipergunakan sebagai jalan orang-orang untuk mencari informasi, itu saja! yaitu orang-orang mebutuhkan informasi dan jawaban atas yang meraka cari.

Secara mendasar ini yang harus Anda perhatikan :

* Situs web seperti apa yang akan dibangun, tentukan bahasan garis besar yang akan Anda tulis dalam website Anda, misalnya Anda akan fokus pada bahasan Multi media yang di dalamnya mencakup Gadget, Tips Smartphone, Aplikasi Smartphone dan tentang teknologi Smartphone, ketika Anda sudah fokus pada hal tersebut jangan keluar dari fokus misalnya dengan menambahkan bahasan tentang politik.

* Tulis informasi yang akan Anda berikan ke pengunjung secara alami dari mulai judul, isi informasi sampai keterangan informasi tersebut haruslah alami dan relevan, tulis sesuai pemahan dan pengetahuan Anda, jangan pernah hanya copy paste mentah-mentah.

* Jangan pernah gunakan trik-trik tidak baik untuk mempopulerkan situs web, ini akan bertahan hanya sebentar walupun awalnya terlihat baik

* Jangan pernah mencoba untuk melakukan spam blog dengan mengirimkan komentar secara otomatis karena Anda tidak akan pernah bisa mengontrol link Anda akan disimpan di blog seperti apa, bisa jadi blog yang dituju sangat tidak relevan dengan link artikel Anda.

* Apabila berkomentar di web orang lain pilihlah yang kontennya relevan dengan informasi yang ada di situs Web Anda dan sebaliknya jika Ada komentar dan link tidak relevan sebaiknya tidak dimunculkan.

* Jika sudah mengisi atau membuat artikel dalam sebuah situs web atau blog jangan pernah menghapus link tersebut, jikapun link terasa tidak relevan sebaiknya silahkan ganti isi artikel saja tanpa menghapus link.

Seperti yang dikutip dari Google webmaster forum tentang Enam kiat SEO mendasar yaitu :

1. Lakukan sesuatu yang keren, Pastikan situs Anda lebih menonjol dibanding situs serupa

2. Sertakan kata yang relevan ke artikel Anda, Perhatikan apa yang akan orang cari melalui mesin pencari

3. Pintar-pintar soal tag dan arsitektur situs Anda, Buat judul dan deskripsi yang unik, buat pengunjung agar mudah menulusuri web Anda

4. Daftar penerusan email di Alat Webmaster, harus berkomunikasi dengan webmaster google secara baik dengan menyertakan email yang mudah dihubungi

5. Ciptakan buzz, Tautkan sosial media seperti Google +1 supaya Anda bisa lebih berinteraksi dengan orang-orang

6. Tetap segar dan relevan, Pastikan konten Anda agar selalu relevan.

dari semuanya coba Anda perhatikan berapa kali kata relevan dan manfaat untuk pengguna diulang, ini menandakan bahwa situs web yang dibangun haruslah benar-ebnar bermanfaat bukan hanya sekedar mencari banyak kunjungan atau banyak klik.

Ketika sebuah situs sudah bisa memberikan manfaat pada pengunjungnya maka traffic tidak perlu dicari dengan cara yang susah payah, pastikan situs web Anda memberikan informasi yang bermanfaat.