Tanda-Tanda Awal Kehamilan

Tanda-Tanda Awal Kehamilan,- Kehamilan merupakan hal yang sangat ditunggu-tunggu oleh pasangan suami istri apalagi pasangan baru menikah biasanya sangat mendambakan seorang anak. dalam satu sisi tidak sedikit juga pasangan suami istri yang menunda kehamilan karena berbagai macam alasan seperti karena alasan kerja atau merasa belum mapan untuk mempunyai seorang anak.

Tetapi kebanyakan pasangan suami istri yang baru menikah sangat mendambakan kehadiran seorang anak sebagai pelengkap kebahagiaan keluarga. terlepas dari menginginkan untuk hamil dan tidak ketika seorang wanita hamil maka mengetahui tanda-tanda awal kehamilan sangatlah penting agar bisa menyikapi perubahan yang terjadi dalam tubuh secara baik, baik perubahan secara fisik maupun perubahan secara mental.

Tanda-tanda awal kehamilan yang umum terjadi pada seorang wanita :

1. Terlambat Datang Bulan

Tanda awal kehamilan salah satu nya adalah terlambat datang bulan. Jika terlambat datang bulan supaya tidak terlalu mengeluarkan banyak biaya gunakan alat tes kehamilan karena 99% akurat, ada kemungkinan terlambat datang bulan bukan karena hamil tapi mungkin karena sedang stress atau gangguan hormon. Jika sudah menggunakan tes kehamilan dan ternyata positif segera periksakan kandungan untuk menjaga agar janin sehat.

2. Payudara Bengkak

Awal kehamilan juga biasanya ditandai dengan payudara yang membengkak terasa nyeri dan ngilu kalo di pegang, serta biasanya area aerola akan berubah warna menjadi lebih gelap dan akan terasa gatal. Payudara akan berubah bentuk dan akan mengisi ketika mengandung karena sedang mempersiapkan untuk menghasilkan ASI.

3. Bentuk Badan Berubah

Biasanya awal kehamilan juga ditandai dengan bentuk badan yang berubah, perut akan membesar karena didalamnya terdapat janin yang akan berkembang dan tumbuh membesar otomatis perut akan membesar. Selain perut yang membesar pinggang , bokong, paha, dada dan lengan juga membesar dan berat badan otomatis akan naik.

4. Mual

Mual-mual juga merupakan salah satu tanda awal kehamilan biasanya paling terasa mual kalo di pagi hari apalagi kalau setelah menggosok gigi akan terasa sangat mual, rasa mual tersebut diakibatkan karena adanya peningkatan hormon Human Chorionic Gonadotrophin atau HCG yang menyebabkan efek pedih pada lapisan perut sehingga mengakibatkan rasa mual. Dan biasanya akan merasa sensitif pada bau tertentu jika menghirup bau tertentu akan merasa mual.

Selain mual biasanya juga disertai dengan muntah-muntah, dianjurkan untuk tidak makan makanan yang bisa merangsang rasa mual dan kembung seperti makanan pedas, makanan asem-asem, makanan yang bisa membuat kembung. Dan memang akan disarankan oleh Dokter untuk tidak makan makanan diatas untuk melindungi bayi dari racun yang berbahaya.

Jika mual-mual, muntah dan tidak nafsu makan pilihlah makanan yang tidak berlemak dan menyegarkan seperti roti, ubi, singkong, biskuit dan buah tapi jangan buah-buahan yang asem atau mentah. Rasa mual tersebut akan hilang dengan sendirinya ketika memasuki trimester kedua kehamilan.

5. Sering Buang Air Kecil

Biasanya saat hamil ditandai juga dengan seringnya buang air kecil hal ini disebabkan karena janin yang tumbuh didalam rahim akan menekan kandung kemih sehingga kandung kemih akan lebih cepat dipenuhi urine dan menyebabkan buang air kecil menjadi sering.

6. Mudah Lelah dan Pusing

Saat awal kehamilan biasanya juga sering ditandai dengan mudah lelah dan kepala terasa pusing, enaknya hanya tiduran karena jika berdiri atau banyak bergerak badan terasa lemes dan lelah kepala pusing. Gejala tersebut diakibatkan karena tubuh kita harus menyesuaikan dengan adanya mahluk hidup yang baru yang terdapat didalam tubuh kita.

Kemungkinan pada trimester pertama akan mengalami penurunan tekanan darah sehingga badan mudah lelah dan pusing, untuk menanggulanginya istirahat yang cukup dan usahakan harus masuk makanan agar janin yang kita kandung tetap sehat, segera periksakan agar kita dikasih multivitamin untuk menjaga janin dan ibunya tetap sehat.

7. Sakit kepala dan Pusing

Pada saat hamil akan mudah sekali tekanan darah naik yang menimbulkan mual, kepala pusing , kepala sakit dan jika tekanan darah tinggi akan beresiko saat melahirkan. Ibu hamil diusahakan jangan stress atau banyak pikiran, kurangi kerja berat usahakan makan yang cukup atau lebih banyak dari porsi biasanya dan bergizi. Banyak istirahat, tidur yang cukup usahakan istirahat berbaring minimal 1 jam di siang hari posisi tidur sebaiknya miring.

8. Kram perut dan Munculnya bercak darah atau flek

Munculnya bercak darah atau flek saat kehamilan kadang suka dianggap menstruasi, bercak darah ini disebabkan oleh implantasi atau menempelnya embrio pada dinding rahim. Munculnya bercak darah atau flek biasanya diikuti oleh kram perut. Kram perut akan terus berlanjut sampai trimester kedua kehamilan sampai letak uterus posisinya berada ditengah dan disangga oleh panggul.

9. Sembelit

Biasanya ketika hamil juga sering sembelit hal ini disebabkan karena peningkatan hormon progesterone, sehingga mengakibatkan mengendurnya otot-otot rahim dan berdampak pada mengendurnya otot dinding usus sehingga mengakibatkan susah buang air besar.

10. Naiknya temperatur basal tubuh

Saat kehamilan suhu basal tubuh akan meningkat dan akan terjadi selama kehamilan tidak akan menurun sampai terjadinya ovulasi.



Poin-poin diatas merupakan tanda-tanda yang umum terjadi pada wanita yang sedang hamil muda, segeralah periksakan kehamilan anda ke dokter atau bidan.

Usahakan hamil diwaktu usia yang pas jangan terlalu muda dan jangan terlalu tua, jika hamil diatas 36 tahun resiko kehamilannya sangat tinggi. Semoga informasi ini bisa bermanfaat.