Mudahnya Bisnis Domain dan Web Hosting

Ketika berbicara tentang Domain dan Web Hosting untuk sebagian orang tidak hanya berbicara tentang cara menggunakan atau memakai layanan Domain dan Hosting yang tersedia namun sebagian orang terpikir untuk dapat menjalankan bisnis Domain dan Web Hosting itu sendiri dimana berposisi sebagai pengelola Domain dan Hosting.

Saat ini bisnis Domain dan Web Hosting bukan lagi sesuatu hal yang rumit bahkan dengan modal tidak lebih dari 500 ribuan maka sudah bisa memulai bisnis Domain dan Hosting, bagaimana caranya ?
Sebelum menjawab pertanyaan diatas sebaiknya kita memahami sedikit tentang jenis dan jalur bisnis Domain dan Web Hosting yang akan dijalani, jenis bisnis Domain dan Hosting ini dibagi menjadi dua bagian utama yaitu memiliki dan menyediakan infrastruktur sendiri dan yang kedua menjualkan produk Domain dan Hosting dari penyedia lain ( perlu diingat jika menjualkan produk Domain dan Hosting penyedia lain haruslah benar-benar teliti, pilihlah perusahaan pusat dari Domain dan Web Hosting tersebut yang handal dan sudah benar-benar terpercaya )

1. Jenis bisnis Domain dan Hosting dengan cara menyediakan dan membangun infrastruktur Domain dan Hosting sendiri, ini sudah jelas bukan jawaban dari pertanyaan diatas, menyediakan infrastruktur sendiri tidaklah cukup dengan modal ratusan ribu, menyediakan infrastruktur sendiri untuk bisnis Domain dan Hosting setidaknya memerlukan hal berikut :

- SDM, pengelolaan Domain dan Hosting haruslah diekelola oleh orang-orang yang ahli dalam bidangnya, ini penting karena hardware dan system berada ditangan sendiri, SDM ini sudah termasuk Admin server, Layanan pelanggan dll.

- Penyediaan perangkat server, perangkat server ini bisa dimulai dengan memiliki Dedicated Server, mungkin ada juga yang mulai dari menggunakan VPS namun sangat dianjurkan untuk menggunakan Dedicated Server dikarenakan VPS terlalu terbatas, harga secara umum untuk dedicted server yang cukup untuk memulai bisnis web hosting sekitar 1,5 juta s/d 3 juta perbulan, harga ini sudah termasuk aplikasi pendukung yang utama sperti cpanel WHM, cloud LVE, auto installer dan WHM Extra yang merupakan add on cukup penting.

- Untuk Domain jika memungkinkan silahkan menjadi partner dari ICANN atau jika tidak bisa melalui pihak lain yang menyediakan layanan reseller Domain, untuk domain tidak perlu telalu memiliki pengetahuan layaknya meyediakan layanan hosting karena Domain hanya menyediakan layanan Registrasi.

Biaya menyediakan infrastruktur sendiri ini juga tergantung seberapa besar perusahaan hosting akan dimulai karena memulai bisnis secara perorangan dan memulai bisnis dalam bentuk sebuah perusahaan akan memerlukan biaya yang berbeda dimana detailnya tidak bisa dituliskan dalam sebuah artikel singkat.

2. Jenis bisnis Domain dan Web Hosting dengan hanya menjualkan produk dari penyedia layanan Domain dan Hosting yang sudah ada atau lebih tepatnya menjadi Reseller Domain dan Hosting, apakah ini bagus ? ya, ini cukup bagus selama Anda benar-benar serius dalam memberikan pelayanan dan bisa mengakomodir dengan baik semua yang diperlukan pembeli.

Bisnis ini dalam satu sisi memberikan keuntungan dan kemudahan, dari sisi perangkatpun karena penyedia domain dan hosting yang menawarkan produknya untuk dijual ulang tentu bukan perusahaan kecil atau perorangan, ketika mereka menawarkan reseller hosting tentu seharunya mereka sudah mempunyai infrastruktur yang besar dan kuat dari berbagai sisi bahkan lebih besar dan kuat dibanding penyedia web hosting yang dikelola secara personal.

Keuntungan kedua adalah Anda tidak perlu memikirkan managemen perangkat, keamanan dll karena ini sepenuhnya dikelola oleh penyedia hosting pusat yang sudah benar-benar terpercaya.

Biaya yang dikeluarkan untuk jenis bisnis ini merupakan jawaban pertanyaan diatas, biasanya Anda tinggal melakukan deposit yang jumlahnya tidak terlalu besar untuk memenuhi penjualan dari setiap produk yang dijual kembali.

Untuk menjadi seorang reseller domain dan hosting yang sukses Anda harus lah mempunyai kemampuan melayani konsumen yang mumpuni termasuk dalam menguasai pengetahuan tentang produk yang dijual, jika ditanya apakah Anda adalah seorang reseller hosting maka harus dijawab dengan jujur dan katakan tentang perusahaan pusat yang produknya Anda jual ulang kembali.

dari menjadi seorang reseller ini juga merupakan sebuah bekal yang bagus ketika Anda nantinya membangun perusahaan domain dan hosting sendiri.

dari semua penjualan diatas tentu tidak menerangkan detail secara keseluruhan tentang seluk beluk dan hal teknis bisnis Domain dan Web Hosting, percayalah semua pengetahaun yang diperlukan untuk menjalaninya akan Anda dapatkan ketika sudah memulai, pengetahuan detail akan didapatkan dari saran dan kritik yang diberikan oleh pembeli dimana itu merupakan sebuah keuntungan bagi sipenjual, dengan mengetahui saran dan kritik maka akan lebih bisa menyempurnakan produk yang dijual.

Mau tahu seperti apa website dan jenis Bisnis Domain dan Hosting silahkan lihat disini Registrasi Domain dan Web Hosting serta Jasa Pembuatan Website