Apakah Tujuan Anda mengikuti pendaftaran CPNS dan menjadi PNS

Tahun 2013 ini pendaftaran CPNS kembali dibuka untuk jalur umum mulai dari 1 September sampai dengan 28 September 2013 sedangkan tes CPNS dengan sitem CAT akan dilaksanakan pada tanggal 29 september dan sistem LJK akan dilaksanakan pada tgl 3 November 2013.
Bagi Anda yang ingin pengikuti tes CPNS harus bebar-benar melakukan persiapan dengan banyak belajar dan menambah informasi baik informasi umum maupun informasi formal, banyak juga yang memanfaatkan tes-tes soal CPNS yang sekarang bisa didapat melalui media online.

Terlepas dari pembicaraan tentang pendaftaran CPNS ada beberapa hal yang menggelitik jika kita telusuri tentang apa sebenarnya tujuan ingin menjadi seorang PNS terkait dengan makna dan tujuan sebenarnya PNS itu sendiri, kita semua sudah tahu bahwa PNS merupakan kependekan dari " Pegawai Negri Sipil " dimana tujuan utamanya adalah menjadi seorang pegawai dalam hal ini adalah pegawai untuk Masyarakat umum yang berarti juga adalah pengabdian untuk Negara.

Hayo.. bagi Anda yang ingin menjadi PNS apakah sudah benar-benar memahami dan siap atau bahkan memikirkan sedikit saja hal tersebut ? PNS diperuntukan sebagai pegawai Masyarakat, untuk melayani Rakyat dan sepenuhnya mengabdi pada Negara kita yang tercinta ini.

Pernah Saya melihat tayangan di salah satu stasiun TV swasta yang sengaja mewawancari/bertanya secara langsung kepada para pendaftar CPNS dan tidak satupun yang Saya dengar ketika ditanya apa tujuan mengikuti CPNS dan langsung pada jawaban pertama mengatakan bahwa ingin melayani Masyarakat dan Mengabdi pada Negara.

Sebagian mengatakan lebih ke menginginkan tunjangan, jaminan masa depan atau mungkin dalam hati yang tidak terungkapkan ingin kerja lebih santai namun dibayar seperti yang saat ini tertanam dalam benak Masyarakat.

ini benar-benar haruslah diluruskan, bagi para CPNS hal yang perlu pertama kali adalah membentuk pola pikir masing-masing CPNS bahwa pekerjaan ini adalah murni pengabdian pada Masyarakat dan Negara dan setelah menjalankannya dengan sungguh-sungguh Pemerintah pun akan memberikan timbal balik dengan memberikan tunjangan, apabila berpikir untuk jaminan masa depan Saya rasa ini menjadi aneh, terutama jika tidak menjalankan pekerjaan dengan sungguh-sungguh.

Jika Pegawai Negri Sipil terjamin masa depannya oleh pemerintah lalu bagaimana Masyarakat lainnya yang mempunyai hak sama untuk mendapatkan kesejahteraan dimasa kini dan masa depan nantinya padahal dalam satu sisi status PNS adalah seperti yang disebutkan diatas yaitu pegawai Masyarakat dan Mengabdi pada negara berarti Rakyatlah yang menjadi majikan atau dalam sebuah perusahaan berarti Masyarakat yang menjadi seorang BOS :) namun untuk kalangan Masyarakat tertentu menjadi terbalik dimana pegawainya lebih sejahtera daripada BOS nya.

Sebelum menjadi PNS seyogyanya para CPNS mempertimbangkan kehlian apa yang dimiliki, bidang pekerjaan apa yang akan ditempati, apakah sesuai dengan keahlian yang dimiliki sehingga nantinya dapat lebih bermanfaat dan memberikan kontribusi yang besar terhadap Masyarakat dan Negara.

Kembali terlepas dari semua hal diatas marilah kita bersama-sama meluruskan dan menanamkan pola pikir secara seksama pada tahap awal dan tahap selanjutnya bahwa seorang Pegawai Negri Sipil harus benar-benar siap melayani Masyarakat dan mengabdi Pada Negara.

Namun memang sangat disayangkan saat ini ketika bertanya kepada calon PNS apa tujuan ingin menjjadi PNS jarang yang langsung menjawab " Saya ingin melayani Masyarakat dan Mengabdi pada Negara "

Semoga kedepan nanti antara Masyarakat dan Pegawai Masyarakat tercipta sebuah keharmonisan yang lebih baik, Amiin...