Melakukan Tes dan Ukur Promosi Bisnis

Melakukan tes dan ukur promosi bisnis,- Dalam dunia bisnis, promosi adalah salah satu upaya untuk memberiahukan serta menawarkan produk atau jasa dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli produk yang kita pasarkan, dengan melakukan promosi kita juga dapat meningkatkan hasil penjualan produk.

Namun dalam melakukan promosi, tentu kita harus melakukan tes dan ukur terhadap produk yang kita pasarkan, seperti mengukur sejauh mana produk dapat berkembang dengan baik atau tidaknya di pasaran.
Dan Tujuan dari hasil semua tes dan ukur sebuah promosi yang anda lakukan itu mampu mencapai pasar penjualan produk dengan nilai konversi yang tinggi.

Untuk melakukan tes dan ukur sebuah promosi, ada beberapa prinsip yang harus anda ketahui agar tes dan ukur promosi anda lebih efektif dalam mencapai tujuan.

Tes awal promosi anda

Anda harus mengetahui seberapa besar persaingan pasar yang menjual produk sama dengan produk yang anda jual, misal ketika menggunakan jenis promosi berbayar bila pesaing produk anda sangat banyak tentu saja anda harus meningkakan biaya promosi lebih banyak dari pesaing anda, contoh : bila pesaing produk anda membayar iklan tayang 10.000 /sekali tayang maka anda harus  meningkatkan jumlah tayang anda menjadi 100.000/ 10 kali tayang. dalam artian jika iklan pesaing memasang iklan hanya 1 kali maka anda perlu memasang 10 iklan untuk iklan tayang, ini adalah ukuran secara umum disamping juga harus memperhatikan kualitas iklan.

Mengukur konversi bisnis anda

Dengan mengukur biaya konversi anda sudah dapat mengukur sejauh mana promosi anda selama ini, untuk mengukur seberapa besar hasil produk yang sudah anda jual dengan biaya ketika awal anda mengeluarkan modal saat melakukan promosi tentu kita dapat mengukurnya dengan membandingkan jumlah pejualan dan pengunjung.

Contoh bila anda memasang iklan di situs web dengan jumlah pengunjung 10.000 dan jumlah pembeli mencapai 200 pembeli tentu konversi anda hanyalah 2% dari penjualn.

Kecuali bila anda memiliki lebih dari 1 produk dan mengukur konversi dari masing-masing produk sehinga anda mengetahui produk mana yang konversinya lebih meningkat dari produk anda yang lain.

Jika anda sukses dengan melakukan promosi awal serta konversi bisnis anda meningkat menjadi lebih banyak pembeli dari pada pengunjung maka anda harus mengurangi kegiatan promosi dan meningkatkan jumlah produksi.

Dalam melakukan tes dan ukur promosi bisnis anda tentu dua poin diatasa tidaklah cukup Namun jika poin diatas sudah berhasil anda kuasai maka hal berikutnya adalah merencanakan setrategi promosi berikutnya.