Fungsi Perpustakaan sekolah terhadap mutu pendidikan

Fungsi Perpustakaan sekolah terhadap mutu pendidikan. Dalam Ilmu pengetahuan dan teknologi seiring dengan perkembangan zaman, dan perkebangan cara berpikir manusia. Kualitas hidup manusia akan bekembang jika memiliki sistem pendidikan yang mapan. Dengan sistem pendidikan yang mapan memungkinkan para siswa berpikir  keritis, kereatif dan produktif.
Dalam sistem pendidikan buku merupakan salah satu perioritas utama sebagai sarana komunikasi. Dalam kaitan inilah bagaimana fungsi Perpustakaan Sekolah Terhadap Mutu Pendidikan  karena dari pada itu program pelayanan perpustkaan harus lebih dikembangkan seagai salah satu instalasi yang bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa karena perpustakaan merupakan bagain vital yang berpengaruh besar terhadap pendidikan.

Terkait dengan program pendidkan disekolah dengan fungsi perpustaakan  terhadap mutu pendidikan dapat dirumuskan, menjadi 5 fungsi sebagai berikut :

Fungsi Edukatif

Dimana perpustakaan menyediakan bahan pustaka dengan kurikulum yang dapat membangkitkan minat baca para siswa. dengan mengembangkan daya ekspresi, kecepatan bahasa, daya pikir rasional, keritis serta mampu untuk membimbing dan membina para siswa dalam hal dan menggunakan dan memelihara pustaka

Fungsi informatif :

Tentang berbagai macam ilmu pengetahuan yang bermutu dan up to date, degngan disusun secara teratur dan sistematik, yang memudahkan para petugas mencari informasi.

Fungsi administratif

Perpustakaan harus mampu mengerjakan pencatatan, penyelesaian dan pemrosesan bahan pustaka serta menyelenggarakan sirkulasi yang peraktis efektif dan efisien

Fungsi rekreatif

Disamping perpustakaan menyediakan buku pengetahuan atau juga penyediaan buku yang bersipat rekreatif “Hiburan” yang bermutu, agar siswa ataupun guru dapat meluangkan waktu untuk membaca.

Fungsi penelitian

Selain ke 4fpungsi diatas perpustakaan dapat dijadikan juga sebagai bahan penelitian atau mencari sumber bahkan objek penelitian sederhana dalam berbagai bidang setudi

Sebgai salah satu integral dari lembaga pendidikan sebagai tempat atau kumpulan bahan pustaka atau pun buku-buku sesuai judul Artikel ini yaitu fungsi perpustakaan sekolah terhadap mutu pendidikan maka perpustakaan sangatlah menunjang untuk mutu pendidikan disekolah dan bahkan perustakaan sangatlah penting sebab dalam sarana kebutuhan bagi pendidikan setiap sekolah di semua jenjang pendidikan harus memiliki perpustakan agar mutu pendidikan pendidik Indonesia lebih berkembang.