Sifat Benda dan Perubahannya

Sifat Benda dan Perubahannya,- Setiap saat kita melihat beraneka ragam benda karena disekeliling kita terdapat bermacam-macam benda, dari semua benda yang kita lihat benda terdiri dari bermacam-macam bentuk, warna dan ukuran.

Berdasarkan wujudnya benda dapat dibedakan menjadi tiga yaitu benda padat, benda cair dan benda gas.

Sifat benda padat yaitu bentuk dan ukurannya tetap meskipun berubah tempat, contoh benda yang termasuk benda padat adalah meja, batu, kursi, kayu, lemari, televisi, radio, buku, pensil dan lain-lain.

Sifat benda cair yaitu ukurannya tetap meskipun berubah tempat sedangkan bentuknya berubah-ubah sesuai dengan wadahnya, contoh benda yang termasuk benda cair adalah air, minyak kelapa, minyak tanah, kecap, bensin, syrup dan lain-lain.

Sifat benda gas yaitu bentuk dan ukurannya berubah-rubah sesuai dengan tempat yang ditempatinya dan selalu mengisi seluruh tempat yang ditempatinya, contoh benda yang termasuk benda gas adalah uap air, udara, uap minyak wangi, uap bensin dan lain-lain.

Benda dapat mengalami perubahan sifat misalnya akibat dari pembakaran, pemanasan atau disimpan ditempat terbuka.

Perubahan sifat benda akibat pembakaran semua benda yang dibakar akan mengalami perubahan sifat, ada benda yang meninggalkan arang atau abu setelah dibakar ada juga benda yang tidak menyisakan benda atau arang.

Contoh benda yang dibakar meninggalkan arang seperti kayu yang dibakar, benda yang dibakar meninggalkan abu seperti kertas yang dibakar. Contoh benda yang tidak meninggalkan arang maupun abu ketika dibakar seperti minyak tanah atau bensin.

Perubahan sifat benda akibat pemanasan, ada beberapa benda yang akan berubah wujud jika dipanaskan. contoh es batu akan berubah kembali menjadi air jika dipanaskan, coklat akan meleleh jika dipanaskan.

Perubahan sifat benda akibat disimpan di udara terbuka, ada beberapa benda yang akan berubah sifat jika diletakan di udara terbuka contoh apel yang sudah dikupas akan berubah menjadi coklat jika tidak langsung dimakan, kerupuk akan melempem jika diletakan diwadah yang terbuka.

Selain perubahan diatas ada beberapa perubahan wujud pada benda yaitu mencair, membeku, menguap, mengembun dan menyublim.

Mencair yaitu perubahan benda dari benda padat menjadi benda cair contoh es batu akan mencair jika dimasukan kedalam air, coklat padat akan mencair jika dipanaskan.

Membeku yaitu perubahan benda dari benda cair menjadi benda padat contoh air akan membeku jika dimasukkan kedalam kulkas.

menguap yaitu perubahan benda dari benda cair menjadi benda gas contoh pada peristiwa merebus air ketika dipanaskan terus-menerus air akan habis, air tersebut berubah menjadi uap air.

Mengembun yaitu perubahan benda dari benda gas menjadi benda cair cotoh udara yang dingin dimalam hari akan berubah menjadi embun dipagi hari.

Menyublin yaitu perubahan benda dari benda padat menjadi benda gas contoh kapur barus jika diletakan di udara terbuka lama kelamaan akan habis.

Semua benda yang ada disekitar kita pasti sangat berguna untuk kelangsungan hidup kita sehari-hari.