Ketua MPR RI Taufik Kiemas Meninggal Dunia

Ketua MPR RI Taufik Kiemas Meninggal Dunia,- "inalilahi wainalilahi rojiun" Ketua MPR RI Bpk Taufik Kiemas telah meningal dunia pada tanggal 8 juni 2013 di Rumah Sakit General Hospital Singapura pada pukul 19.01 waktu Singapura atau pukul 18.01 WIB. Taufik Kiemas meninggal dunia di usia 71 Tahun, penyebab meninggalnya Taufik Kiemas diperkirakan dikarenakan kelelahan setelah melakukan kunjugan ke Ende Nusa Tenggara Timur pada tanggal 1 Juni 2013 untuk meresmikan Monumen Bung Karno dan Situs pengasingan Bung Karno.

Kabar meninggalnya ketua MPR Taufik Kiemas muncul tertulis di akun twitter Ketua DPP PDI-P Pramono Anung pada sabtu malam 08 Juni 2013 bahwa Taufiq Kiemas telah meninggal dunia. " #Telah meninggal dunia Bapak Haji Taufiq Kiemas saat ini dan mohon diampuni seluruh kesalahan dan didoakan," kata Pramono Anung dalam akun Twitter-nya.

Pada pagi hari jenazah Taufik Kiemas diberangkatkan dari Halim Perdana Kusumah menuju komplek Taman Makam Pahlawan Kalibati setelah dilakukan upacara persemayaman secara militer yang dipimpin oleh wakil Presiden RI Boediyono, jasad Almarhum Taufik Kiemas dimakamkan disamping makam Ayahanda Taufik Kiemas Tjik Agoes Kiemas dan Ibundanya Hamjatoen Roesda Kiemas.

Upacara pemakaman Almarhum Taufik Kiemas di Taman Makam Pahlawan Kalibata dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono untuk melepas kepergian Almarhum, pemakaman ini disaksikan oleh para politikus Indonesia dan disaksikan olh ribuan warga yang ikut menyaksikan detik-detik pemakaman Almarhum Ketua MPR RI Taufik Kiemas.

Haji Muhammad Taufik Kiemas meninggal dunia dengan meninggalkan Megawati Soekarno Putri ( Diah Permata Megawati Setiawati Sukarnoputri ) yang pernah menjabat sebagai Presiden RI kelima dan meninggalkan dua putra yaitu Mohammad Rizki Pratama dan Mohammad Prananda dari pernikahan pertama Megawati Soekarno Putri dengan Letnan Satu (Penerbang) Surindro Supjarso dan meninggal seorang putri yaitu Puan Nakshatra Kusyala Maharani anak kandung Almarhum Taufik Kiemas dengan Megawati Soekarnp Putri.

Almarhum Taufiq Kiemas lahir di Jakarta, Kamis 31 Desember 1942 dari pasangan Tjik Agus Kiemas dan Hamzathoen Roesyda, Ayahanda Almarhum Taufik Kiemas berasal dari Sumatera Selatan sedangkan Ibunda Taufik Kiemas dari Minangkabau, dari penghulu kaum keluarga ibunya di Kanagarian Sabu, Batipuh Ateh, Tanah Datar, Sumatera Barat, Taufik Kiemas diberi gelar Datuk Basa Batuah.

Karir Almarhum Taufik Kiemas Anggota DPR periode 1987-1992, 2004-2009 dan 2009–2014 dan Ketua MPR 2009-2014