Energi Alternatif

Energi alternatif merupakan energi lain yang dapat dimanfaatkan selain energi-energi yang sudah ada. sumber energi alternatif dicari untuk menggantikan energi yang sudah ada supaya energi yang sudah ada tidak habis, sumber energi alternatif jumlahnya tidak terbatas dan tersedia sepanjang masa.

Mengapa kita harus mencari energi alternatif karena energi yang sudah ada sekarang seperti BBM merupakan bahan bakar yang tidak dapat diperbaharui jadi jika habis tidak dapat diadakan kembali.

Sumber energi yang dapat dijadikan sumber energi alternatif yaitu energi matahari, energi panas bumi, energi air, energi angin, energi nuklir, minyak jarak dan biogas.

Matahari

Matahari merupakan sumber energi utama dibumi dan merupakan sumber energi terbesar bagi bumi. Energi matahari dapat digunakan secara langsung misalnya untuk menjemur pakaian, menjemur makanan, dimanfaatkan sebagai penerangan disiang hari, dimanfaatkan oleh tumbuhan untuk melakukan fotosintesis.

Energi matahari dapat dijadikan sebagai sumber energi alternatif dengan menggunakan sel surya, sel surya mengubah energi radiasi sinar matahari menjadi energi listrik.

Energi Panas Bumi

Panas bumi dihasilkan dari perut bumi, energi panas bumi disebut juga energi geotermal.

Cara menghasilkan listrik dari energi panas bumi batuan panas yang terbentuk memanaskan air disekitarnya sehingga menghasilkan uap panas, kemudian di bor setelah uap panas tersebut di bor akan keluar uap panas dari pengeboran, uap panas tersebut disaring dan digunakan untuk memutar turbin kemudian turbin memutar generator sehingga menghasilkan listrik.

Energi Air

Air dapat dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan hidup sehari-hari seperti untuk mencuci, minum, mengairi sawah dan lain-lain.

Air dapat mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang lebih rendah, aliran air yang sangat deras digunakan untuk menggerakan turbin kemudian turbin memutar generator, generator yang berputar akan menghasilkan energi listrik.

Energi Angin

Terjadinya angin karena adanya perbedaan tekanan, energi angin dapat dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan seperti menggerakan perahu layar dan menggerakan kincir angin.

Selain untuk kegiatan diatas angin juga dapat digunakan untuk menghasilkan energi listrik , ketika ada angin yang besar bertiup maka kincir angin akan berputar cepat, putaran kincir akan menggerakan turbin kemudian turbin menggerakan generator dan menghasilkan listrik.

Energi Nuklir

Nuklir dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan energi listrik yang sangat besar melalui Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir. Nuklir dapat menimbulkan radiasi yang sangat berbahaya bagi manusia dan lingkungan. Radiasi nuklir dapat mengakibatkan kematian.

Minyak Jarak

Minyak jarak dapat digunakan sebagai pengganti solar, minyak jarak berasal dari biji jarak bentuknya seperti minyak goreng yaitu kental, licin dan baunya tidak menyengat.

Biogas

Biogas merupakan energi alternatif yang dihasilkan dari penguraian bahan organik seperti kotoran hewan, energi yang dihasilkan dapat digunakan pada kompor.

Kelebihan menggunakan energi alternatif yaitu

* Dapat terus digunakan karena tersedia sepanjang masa

* Energi yang dihasilkan sangat besar

* Penghematan terhadap sumber energi yang sudah ada

* Bebas dari polusi

Kekurangan menggunakan energi alternatif yaitu

* Butuh biaya yang besar untuk mengubah energi alternatif

* dibutuhkan teknologi yang tinggi untuk mengubah energi alternatif menjadi energi yang dibutuhkan

* Tersedianya energi alternatif dipengaruhi oleh musim