Cara Intall Theme Baru di Wordpress Untuk Pemula

Cara Intall Theme Baru di Wordpress Untuk Pemula. Wordpress merupakan sebuah CMS ( Web CMS ( content management system ) open source yang menggunakan bahasa PHP dan MYSQL, WordPress muncul pertama kali di tahun 2003 hasil kerja keras Matt Mullenweg dengan Mike Little. Yang membuat WordPress makin terkenal, selain karena banyaknya fitur dan tampilan yang menarik, adalah juga karena dukungan komunitas terhadap perangkat lunak sumber terbuka untuk blog.
Sebagian besar blogger di duania menggunakan wordpress dikarenakan wordpress lebih SEO friendly dan yang terutama dikarenkan banyaknya komunitas pendukung wordpress sehingga selalu terus ada pegembangan baik dari sisi worspress nya itu sendiri maupun dari plugin-plugin pendukung.

Ketika membuat blog berbasis Wordpres hal pertama kali setelah wordpress di install selain menentukan konfigurasi utama juga menentukan jenis theme yang biasa, jika theme mengunakan theme bawaan tinggal aktifkan theme yang ada namun apabila ingin menggunakan theme lain selain theme-theme yang bawaan maka perlu di install/di upload theme baru.

Langkah-langkah install theme baru di wordpress adalah sebagai berikut :

* Login ke Dashborad/Admin Wordpress

* Pilih menu Theme di Appereance->Themes

* Klik tab Install Theme yang terdapat beberapa pilihan :

Search = Untuk mencari theme baru yang sudah ada di lingkungan wordpress

Upload = Ini berfungsi untuk upload Theme baru dari PC biasanya berbentuk file zip, klik browse dan pilih file zip di PC yang akan di upload

Featured = Theme yang mempunyai fitur tambahan

Newest = Theme terbaru yang dimasukan dalam lingkungan wordpress

Recently Updated = Theme yang baru saja di update

Setelah Theme baru ditentukan Anda bisa klik preview atau langsung Aktifkan, khusus untuk Theme yang bukan dari lingkungan wordpress harus di download dahulu dari penyedia Theme-theme yang bisa di dapatkan di internet baik theme gratis atau tehem berbayar.

Setelah Theme baru di install biasanya sebagian blogger melakukan kustom tampilan desain yang bertujuan agar tampilan blog tidak sama persis dengan blog lain tentu modifikasi ini sesuai dengan syarat dan yang ditentukan oleh pembuat template.