Unsur Lambang Koperasi dan Jenis-Jenis Koperasi

Unsur Lambang Koperasi dan Jenis-Jenis Koperasi,- Koperasi dijalankan secara bersama berdasarkan asas koperasi yaitu kekeluargaan dan Gotong Royong, dalam menjalankan kegiatannya anggota koperasi mengelola modal secara bersama tujuannya yaitu agar koperasi dapat mandiri, maju dan berkembang.

Dalam kegiatan koperasi modal dan kegiatan dilakukan secara bersama-sama dan hasil nya untuk kesejahteraan bersama juga, hasil yang dibagikan kepada anggota disebut SHU atau sisa hasil usaha.

Modal koperasi berasal dari modal sendiri dan modal pinjaman, yang dimaksud modal sendiri yaitu modal yang berasal dari simpanan pokok, simpanan wajib, dana cadangan dan hibah. Sedangkan modal pinjaman yaitu modal yang berasal dari pinjaman dari anggota, pinjaman dari koperasi lain, pinjaman dari Bank dan pinjaman dari lembaga keuangan lainnya, penerbitan obligasi dan surat utang lainnya dan sumber lain yang sah.

Simbol-simbol dalam lambang koperasi yaitu pohon beringin, bintang dan perisai, timbangan, gerigi roda, padi dan kapas, rantai, warna merah dan putih, dan tulisan "Koperasi Indonesia".

Pohon beringin melambangkan sifat kemasyarakatan dan persatuan yang kokoh, bintang dan perisai melambangkan pancasila sebagai landasaan idiil, timbangan melambangkan sifat adil, gerigi roda melambangkan kerja atau usaha yang terus menerus, padi dan kapas melambangkan kemakmuran yang hendak dicapai, rantai melambangkan persahabatan dan persatuan yang kuat, warna merah dan putih melambangkan sifat nasional koperasi, tulisan "Koperasi Indonesia" melambangkan kepribadian koperasi rakyat indonesia.

Berdasarkan keanggotaannya koperasi dibagi menjadi dua yaitu koperasi primer adalah operasi koperasi yang didirikan dan beranggotakan masyarakat dan koperasi sekunder adalah koperasi yang didirikan dan beranggotakan kumpulan badan koperasi.

Macam-macam koperasi berdasarkan jenis usaha yaitu koperasi konsumsi adalah koperasi yang menyediakan kebutuhan pokok para anggotanya, koperasi kredit atau disebut juga koperasi simpan pinjam, koperasi produksi.

Macam-macam koperasi berdasarkan keanggotaannya yaitu koperasi pertanian beranggotakan para petani, buruh tani dan orang-orang yang terlibat dalam pertanian. Koperasi pensiunan beranggotakan para pensiunan pegawai negeri. Koperasi pegawai negeri beranggotakan para pegawai negeri. Koperasi sekolah beranggotakan para warga suatu sekolah.KUD atau koperasi unit desa beranggotakan masyarakat pedesaan.

Dengan koperasi kita bisa memajukan usaha bersama dan bisa menerapkan semangat kekeluargaan dan gotong royong.