Tujuan dan Manfaat Koperasi

Tujuan dan Manfaat Koperasi,- Dalam kehidupan sehari-hari kita pasti sudah tidak asing mendengar kata koperasi, karena biasanya setiap lembaga baik swasta ataupun pemerintah memiliki koperasi yang bisa membantu memenuhi kebutuhan para anggotanya. Koperasi merupakan bentuk gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan atas asas kekeluargaan.

Koperasi berasal dari bahasa inggris yaitu dari kata cooperate, co mempunyai arti bersama dan operate mempunyai arti bekerja atau berkarya. Jadi koperasi dapat diartikan kelompok atau perkumpulan orang atau badan yang bersatu dalam cita-cita atas dasar kekeluargaan dan gotong royong untuk mewujudkan kemakmuran bersama.

Koperasi didirikan tanggal 12 Juli 1960 pertama kali koperasi diperkenalkan oleh Moh. Hatta jadi setiap tanggal 12 Juli diperingati sebagai hari koperasi. Pandangan khusus Negara Indonesia tentang perekonomian termuat dalam UUD 1945 Bab XIV pasal 33 ayat 1 yang menyebutkan bahwa perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas azas kekeluargaan.

Tujuan dari koperasi adalah untuk meningkatkan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya, dan berperan dalam dalam membangun tatanan perekonomian nasional.

Fungsi koperasi menurut Undang-Undang Nomor 25 tahun 1992 yaitu membangun dan mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi anggota pada khususnya dan masyarakat ada umumnya serta untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosial, koperasi berperan secara aktif dalam upaya mempertinggi kualitas kehidupan manusia dan masyarakat, memperkokoh perekonomiaan rakyat dan mewujudkan usaha koperasi yang dilakukan secara bersama.

Sifat-sifat koperasi yaitu koperasi merupakan organisasi perekonomian, anggota koperasi memiliki cita-cita dasar yang sama, cita-cita ingin mewujudkan secara bersama-sama, dan koperasi memiliki watak sosial.

Ciri-ciri koperasi yaitu koperasi merupakan kumpulan orang-orang dan bukan kumpulan modal, kedudukan anggota dalam koperasi sederajat atau setara, semua kegiatan koperasi harus didasarkan atas kesadaran para anggota , dan tujuan koperasi benar-benar merupakan kepentingan bersama.

Koperasi mempunyai manfaat yaitu untuk membangun dan mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi anggota pada khusus nya dan masyarakat pada umumnya, dapat menyediakan kebutuhan anggotanya, mempermudah anggota koperasi untuk memperoleh modal usaha dan menghindarkan anggota koperasi dari praktek rentenir atau lintah darat.