Sumber Energi Panas

Sumber Energi Panas,- Energi panas tidak dapat dilihat tetapi pengaruhnya dapat kita rasakan dan dapat kita lihat dampak dari panas tersebut, sumber energi panas yaitu semua yang dapat menimbulkan panas. Panas disebut juga kalor, alat pengukur panas disebut termometer. Sumber energi panas diantaranya yaitu matahari, kompor, panas bumi dan gesekan benda.

Matahari sangat diperlukan dalam kehidupan kita sehari-hari, matahari menghasilkan panas yang sangat besar, matahari merupakan sumber energi yang paling besar dan utama dibumi.

Tumbuhan berdaun hijau memanfaatkan sinar matahari untuk melakukan fotosintesis sedangkan manusia dan hewan memanfaatkan matahari untuk membantu pertumbuhan tulang.

Manusia menggunakan energi matahari secara langsung dan secara tidak langsung. secara langsung misalnya untuk mengeringkan pakaian, mengeringkan ikan, mengeringkan bahan makanan, pemanas air dan pemanas ruangan. sedangkan secara tidak langsung misalnya matahari diserap oleh bahan makanan kemudian bahan makanan nya dimakan oleh manusia atau matahari diserap oleh bahan bakar kemudian bahan bakar nya digunakan manuasia untuk kebutuhan hidup sehari-hari.

Kompor yang sedang menyala mempunyai energi panas, panas dari api kompor dapat digunakan untuk berbagai keperluan memasak, bahan bakar kompor ada bermacam-macam misalnya minyak tanah, gas dan listrik.

Panas bumi dapat menghasilkan energi panas yaitu listrik disebut pembangkit listrik tenaga panas bumi, cara menghasilkan listrik dari panas bumi yaitu panas bumi digunakan untuk memanaskan air yang sangat banyak sehingga menghasilkan uap kemudian uap tersebut dikumpulkan dan digunakan untuk memutar turbin kemudian turbin digunakan untuk memutar generator sehingga bisa menghasilkan listrik, sesudah listrik dihasilkan kemudian disalurkan ke tempat-tempat yang membutuhkan listrik dengan menggunakan kabel.

Gesekan benda juga dapat menghasilkan sumber panas, kedua telapak tangan yang di gosok-gosokkan akan menimbulkan panas, panas tersebut timbul akibat gesekan permukaan kedua telapak tanganmu, ketika kita merasa kedinginan bila kedua tangan digosok-gosokkan kita akan merasa lebih hangat. Ban mobil panas karena bergesekan dengan jalan aspal. Mesin mobil menjadi panas ketika mobil sedang bergerak karena alat-alat dalam mesin saling bergesekan.

Perpindahan energi panas dapat melalui tiga cara diantaranya

* Konduksi yaitu perpindahan panas melalui zat perantara berupa benda padat, contoh jika kita mengaduk susu panas dalam gelas menggunakan sendok ujung sendok yang kita pegang akan terasa panas.

* Konveksi yaitu perpindahan panas melalui zat perantara berupa zat cair atau gas, contoh pada saat air mendidih.

* Radiasi yaitu perpindahan panas tanpa zat perantara, contoh panas matahari sampai ke bumi dapat kita rasakan