Perkembangan Teknologi

Perkembangan Teknologi,- Manusia menciptakan teknologi untuk mempermudah hidupnya, sekarang kita hidup dijaman modern peralatan penunjang kehidupan bersifat canggih dan otomatis. Penggunaan teknologi oleh manusia dimulai dengan mengubah sumber daya alam menjadi alat-alat yang sederhana dan di masa sekarang sudah bisa di ubah menjadi alat-alat yang modern dan canggih.

Teknologi terbentuk dari kata teknik yang berarti cara atau metode, teknologi berarti keseluruhan sarana atau alat yang digunakan manusia untuk menghasilkan barang dan jasa yang diperlukan manusia, atau teknologi dapat juga diartikan kemampuan berlandaskan ilmu pengetahuan.

Teknologi mempengaruhi kehidupan manusia dalam berbagai hal, ada yang bersifat positif dan ada juga yang bersifat negatif. Pengaruh teknologi yang bersifat positif yaitu teknologi dapat membantu meningkatkan ekonomi, dapat membantu memenuhi kebutuhan hidup manusia yang bermacam-macam mulai dari kebutuhan utama sampai kebutuhan lainnya.

Pengaruh teknologi yang bersifat negatif yaitu dapat menimbulkan pencemaran, merusak dan menghabiskan sumber daya alam.

Ilmu pengetahuan dan teknologi semakin berkembang, banyak penemuan-penemuan baru diterapkan dalam teknologi.

Hal-hal yang dapat menunjang kemajuan sebuah negara yaitu sumber daya manusia yang berkualitas, kekayaan alam yang melimpah dan penguasaaan ilmu pengetahuan.

Meskipun teknologi sekarang sudah berkembang pesat dan modern tetapi banyak teknologi zaman dahulu masih digunakan pada masa sekarang. Teknologi pada masa lalu masih tetap ada dan digunakan karena biayanya murah dan perawatan nya juga tidak sulit.

Masyarakat di daerah masih menggunakan alat angkutan seperti becak atau andong. Dalam pertanian juga masyarakat masih menggunakan kerbau atau sapi untuk membajak sawah meskipun sudah ada alat yang lebih modern yaitu mesin traktor. Kemudian ada daerah-daerah yang masih mempertahankan mesin tenun tradisional untuk menenun kain.

Teknologi digunakan manusia untuk memenuhi beragam kebutuhan hidup manusia, misalnya manusia butuh alat transfortasi, manusia juga membutuhkan sandang dan pangan, manusia membutuhkan hiburan, manusia membutuhkan alat komunikasi.

Ada berbagai teknologi yang biasa kita gunakan yaitu teknologi di bidang produksi, teknologi di bidang komunikasi dan teknologi bidang transportasi.