Perkembangan Teknologi Transportasi

Perkembangan Teknologi Transportasi

Perkembangan teknologi transportasi mengalami kemajuan yang sangat pesat sekali. Alat transportasi memudahkan orang-orang untuk sampai ke tempat yang dituju, alat transportasi juga bermanfaat untuk mengangkut dan mengirimkan barang.

Pada zaman dulu alat transportasi masih bersifat sederhana, daya angkutnya juga terbatas dan kecepatannya juga terbatas. Zaman sekarang banyak sekali mengalami peningkatan dan perubahan alat transportasi zaman sekarang sudah modern.

Alat transportasi yang digunakan dapat dikelompokan menjadi tiga yaitu alat transportasi darat, alat transportasi air dan alat transportasi udara.

Alat Transportasi Darat

Zaman dahulu orang-orang berjalan kaki untuk menuju tempat yang akan dituju, kemudian mulai memanfaatkan beberapa binatang yang dimanfaatkan untuk alat transportasi, seperti kuda untuk menarik delman, lembu untuk menarik gerobak.

Alat transportasi melalui darat ada yang menggunakan mesin dan ada juga yang tidak menggunakan mesin. Alat transportasi yang menggunakan mesin merupakan alat transportasi modern sehingga memerlukan bahan bakar supaya bisa jalan.

Alat transportasi modern daya angkutnya tidak terbatas dan waktu yang digunakan juga cepat tapi kelemahannya harga perawatannya lebih mahal. Contoh alat transportasi darat modern seperti mobil, bus, kereta api dan motor.

Kalau alat transportasi yang tidak menggunakan mesin merupakan alat transportasi tradisional pada umumnya memanfaatkan tenaga hewan atau manusia supaya bisa jalan.

Alat transportasi tradisional biaya perawatan dan biaya operasionalnya lebih murah kelemahnnya daya angkutnya terbatas dan waktu yang ditempuh juga lebih lama. Contoh alat transportasi darat tradisional seperti delman yang ditarik oleh kuda, becak dikayuh oleh manusia supaya bisa jalan.

Meskipun zaman sekarang udah banyak alat transportasi modern bukan berarti alat transportasi tradisional ditinggalkan, dibeberapa daerah alat transportasi tradisional masih digunakan seperti delman, becak.

Alat Transportasi Air

Alat transportasi air merupakan alat transportasi yang digunakan di sungai, danau atau di laut. Alat transportasi air juga dapat dibedakan menjadi alat transportasi yang menggunakan mesin dan alat transportasi yang tidak menggunakan mesin.

Pada zaman dulu alat transportasi air tidak menggunakan mesin masih bersifat tradisional misalnya kapal digerakan dengan layar dan dayung sehingga memanfaatkan angin supaya bisa bergerak, sehingga waktu yang digunakan menjadi lama.

Zaman sekarang alat transportasi air sudah banyak yang menggunakan mesin, kapal sudah digerakan dengan mesin diesel atau mesin uap ada pula kapal yang digerakkan dengan tenaga nuklir sehingga waktu yang ditempuh lebih cepat.

Meskipun zaman sekarang sudah banyak transportasi air yang bersifat modern tetapi masih ada daerah-daerah tertentu yang masih menggunakan alat transportasi air yang masih tradisional.

Alat Transportasi Udara

Perkembangan alat transportasi udara dimulai dengan adanya penggunaan balon udara, kemudian diciptakan balon udara yang bisa mengangkut manusia kemudian lebih dikembangkan lagi dengan menciptakan pesawat.

Dengan menggunakan alat transportasi udara waktu yang di tempuh sangat cepat, lebih cepat dari alat transportasi darat dan alat transportasi air. Namun dengan menggunakan angkutan udara biaya yang dikeluarkan lebih mahal. Dan untuk mencapai daerah yang terpencil digunakan helikopter, helikopter daya angkutnya lebih sedikit.