Perkembangan Teknologi di Bidang Komunikasi

Perkembangan Teknologi di Bidang Komunikasi

Perkembangan teknologi di bidang komunikasi menunjang manusia dalam menjalani kehidupan di masa sekarang yang sudah serba modern, perkembangan teknologi komunikasi dapat mengatasi masalah jarak dan waktu.

Dari zaman dahulu manusia sudah menggunakan alat-alat komunikasi tetapi alat komunikasi pada zaman dulu sangat jauh dibandingkan dengan zaman sekarang, zaman dulu manusia menggunakan alat komunikasi dengan alat yang masih tradisional sedangkan zaman sekarang alat komunikasi sudah sangat canggih.

Contoh alat komunikasi pada zaman dulu yaitu:

* Kentongan, kentongan yaitu sebuah alat komunikasi yang digunakan dengan cara dipukul dengan mnggunakan sebuah alat yang terbuat dari kayu atau bambu. Kentongan terbuat dari bambu atau kayu yang diberi lubang atau rongga didalamnya. Fungsi kentongan sebagai alat komunikasi, sebagai tanda adanya bahaya, memanggil warga untuk kerja bakti, memberitahu warga ada yang meninggal dunia dan lain-lain.

* Telik sandi, telik sandi disebut juga mata-mata adalah orang yang dpilih untuk mengintip atau menyusup masuk ke dalam pertahanan musuh. Tugasnya untuk mencari tahu kelemahan dan kekuatan yang dimiliki musuh.

* Kurir, kurir adalah orang yang ditunjuk untuk membawa pesan khusus. kurir dalam menjalankan tugas nya harus melakukan penyamaran. pesan yang dibawa kuris bersifat rahasia bisa dalam bentuk surat maupun lisan.

* Tali pohon, Tali pohon yaitu seutas tali yang panjang dibentangkan dari satu pohon ke pohon yang lainnya, di ujung tali diberi kaleng atau alat-alat yang bila ditarik akan mengeluarkan bunyi-bunyian. Bunyi-bunyian ini merupakan tanda bahaya.

Contoh alat komunikasi pada zaman sekarang yaitu:

* Surat, surat yaitu berita yang dikirim melalui sepucuk kertas dan dikirimkan melalui kantor pos, surat elektronik atau e-mail yang dikirim secara online

* Telegram, telegram disebut juga surat kawat. Telegram ialah berita yang dikirim melalui telegraf. Kode-kode atau isyarat yang digunakan untuk mengirim pesan melalui telegraf disebut morse. Berita yang dikirim lewat telegram harus singkat dan jelas.

* Telepon, telepon pertama dibuat pada tahun 1876 oleh Alexander Graham Bell di Amerika Serikat. Saat ini sudah banyak orang yang menggunakan telepon yang tidak berkabel yang dinamakan telepon genggam (handphone)

* Handy Talkie (HT), Handy talkie termasuk alat komunikasi menyerupai telepon genggam biasanya digunakan oleh polisi, tentara, satpam, pendaki gunung dan tim SAR.

* Pager, pager adalah alat komunikasi satu arah, jika ada pesan yang masuk maka pager akan berbunyi dan pesannya tertulis di layar pager.

* Radio, radio pertama kali ditemukan oleh Guglielmo Marconi. Dia berasal dari Italia yang lahir pada tahun 1874 di Bologna Italia. Radio merupakan alat telekomunikasi yang hanya berupa suara.

* Televisi, televisi dibuat pertama kali oleh John Logie Baird yang berkebangsaan inggris. Televisi merupakan alat komunikasi berupa suara dan gambar. Sekarang sudah banyak model-model televisi dengan bermacam bentuk dan ukuran.

* Media cetak, media cetak mempunyai manfaat yang sangat besar berbagai macam informasi dan pengetahuan dapat kita perolah dengan rajin membaca media cetak, contoh media cetak koran, majalah.

* Internet, internet merupakan alat komunikasi yang sangat canggih, dengan menggunakan internet kita dapat berkomunikasi dengan orang lain di seluruh dunia, kita dapat membaca berita tentang informasi dari seluruh dunia, kita juga dapat mengirim atau menerima gambar, kita dapat mengirim atau menerima email, kita dapat menjual produk dan banyak lagi.

Perkembangan teknologi komunikasi sangat membantu dan sangat menunjang kegiatan manusia sehari-hari.