Perkembangan Teknologi Bidang Produksi

Perkembangan Teknologi Bidang Produksi

Perkembangan teknologi di bidang produksi sangat membantu manusia untuk dapat mempermudah pekerjaan dan mempercepat waktu pengerjaan. Proses mengolah bahan baku menjadi barang jadi disebut produksi. Kegiatan produksi yaitu kegiatan yang dilakukan untuk membuat barang-barang yang kita gunakan.

Kegiatan produksi disebut juga proses produksi. Proses produksi diawali dengan menyiapkan bahan baku atau bahan pokok untuk membuat barang. Bahan baku yang digunakan merupakan hasil dari sumber daya alam.

Salah satu bentuk teknologi yang menunjang bagi pengadaan barang dan kebutuhan hidup manusia adalah teknologi produksi. Teknologi produksi adalah kegiatan menghasilkan barang berlandaskan pengetahuan.Teknologi produksi sekarang sudah sangat berkembang pesat dibandingkan pada masa dahulu, pada masa dahulu teknologi bersifat sederhana dan tradisional. Cara yang digunakan untuk proses produksi pada masa sekarang dengan menggunakan mesin sedangkan pada masa dahulu menggunakan alat-alat tradisional seperti golok, pisau, wajan, panci.

Hasil produksi pada masa lalu sangat terbatas dan hasil yang didapatpun sedikit waktu yang digunakan sangat lama. Hasil produksi pada masa sekarang berbeda jauh dengan masa lalu masa sekarang karena menggunakan mesian hasil produksi yang didapat sangat banyak dengan waktu yang cepat.

Salah satu ciri teknologi produksi pada masa lalu adalah sifatnya tradisional dan sederhana. Sedangkan teknologi pada masa sekarang alatnya bersifat modern.
Sebagai contoh penggunaan teknologi produksi zaman dulu dan zaman sekarang. Pada masa lalu para petani mengolah sawah nya dengan menggunakan cangkul dan bajak yang ditarik oleh kerbau atau sapi, sedangkan pada masa sekarang pengolahan sawah menggunakan mesin traktor.

zaman dulu Para petani merontokan padi dengan cara menginjak-injak batang padi untuk memisahkan padi dengan batangnya sedangkan zaman sekarang sudah menggunakan alat perontok padi. Zaman dulu para petani untuk mendapatkan beras dengan cara menumbuk padi sekarang sudah ada alat penggiling padi untuk mendapatkan beras.

Dengan demikian dapat disimpulkan Keuntungan menggunakan teknologi modern hasil yang didapat lebih banyak, bentuk dan mutunya sama dan waktu yang digunakan cepat sedangkan keuntungan apabila menggunakan teknologi tradisional biaya yang dikeluarkan murah dan perawatan nya tidak sulit.