Kegiatan Ekonomi

Kegiatan Ekonomi,- Kegiatan ekonomi adalah macam-macam usaha atau kegiatan untuk mencukupi kebutuhan hidup atau kegiatan yang dilakukan orang untuk menghasilkan pendapatan.

Pada zaman dulu untuk memenuhi kebutuhan hidup dilakukan dengan cara barter yaitu menukar barang dengan barang tetapi cara barter tidak praktis karena banyak kelemahannya akhirnya cara barter mulai ditinggalkan dan beralih menggunakan alat tukar tapi pada saat itu belum ada uang sehingga alat tukarnya menggunakan emas, kulit binatang atau perak. Seiring waktu kemudian orang mulai mengenal uang jadi alat tukar yang digunakan memakai uang.

Kegiatan ekonomi dilakukan untuk dapat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari diantaranya kebutuhan primer atau kebutuhan pokok yaitu makanan atau pangan, pakaian atau sandang dan tempat tinggal atau papan.

Kemudian kebutuhan sekunder adalah merupakan kebutuhan tambahan hanya bisa dipenuhi jika kebutuhan pokok sudah terpenuhi contoh lemari, sepeda, buku. Selanjutnya kebutuhan tersier atau kebutuhan barang-barang mewah contoh mobil, komputer.

Jenis kegiatan ekonomi yaitu produksi, distribusi dan konsumsi. produksi adalah kegiatan yang dapat menghasilkan barang dan jasa, sedangkan orang yang menghasilkan barang dan jasa disebut produsen.

Contoh kegiatan produksi yang menghasilkan barang petani menghasilkan padi, peternak menghasilkan daging, susu dan telur. Contoh kegiatan produksi yang menghasilkan jasa Dokter merawat orang sakit sampai sembuh, Guru mendidik siswa nya sampai berhasil lulus.

Kegiatan ekonomi selanjutnya yaitu kegiatan distribusi, distribusi adalah kegiatan penyebaran barang jadi hasil produksi, sedangkan orang yang mendistribusikan barang dan jasa disebut distributor contoh pedagang padi, pedagang buah, penjual ikan.

Yang selanjutnya kegiatan ekonomi konsumsi, konsumsi adalah pemakaian barang jadi hasil produksi, sedangkan orang yang melakukan kegiatan konsumsi disebut konsumen.

Kegiatan ekonomi yang memanfaatkan sumber daya alam dan potensi daerah yaitu

* Bidang pertanian menghasilkan padi.

* Bidang perkebunan menghasilkan sayuran.

* Bidang peternakan menghasilkan daging, telur, susu.

* Bidang perikanan menghasilkan ikan.

* Bidang pertambangan menghasilkan minyak bumi, batu bara.

* Bidang perindustriaan menghasilkan kain.

* Bidang perdagangan menjual barang-barang hasil produksi.

* Bidang pelayanan dan jasa contoh Dokter dan Guru.

* Bidang pariwisata memperkenalkan potensi daerah.