Cara Edit File HTML dan PHP Langsung di Cpanel

Cara Edit File HTML dan PHP Langsung di Cpanel

Adakalanya dalam situasi tertentu ketika kita tidak bisa menggunakan HTML editor tetapi kita ingin edit file HTML atau PHP di web maka satu-satunya cara adalah dengan edit file langsung melalui cpanel.

Edit file HTML atau PHP langsung di cpanel biasanya dilakukan ketika mendesak harus edit atau rubah halaman Web dikarenakan sebab tertentu, edit file ini bisa dilakukan dimana saja bahkan di warnet asal kita tahu data login username dan password cpanel yang kita miliki.

Cara edit file HTML atau PHP di cpanel hosting adalah sebagai berikut :

* Login ke cpanel http://namadomainanda/cpanelatau http://namadomainanda/2082atau bisa langsung menggunakan alamat IP misalnya http://888.888.888.888/2082 sesuai dengan alamat IP server.

* Setelah masuk ke cpanel kemudian klik File Manager

* Akan muncul beberapa pilihan, Anda bisa pilih Web Root (public_html/www) kemudian centang Show Hidden Files (dotfiles).

* Kemudian pilih file .html atau file .php lalu klik kanan pada file yang akan di edit, untuk file HTML silahkan pilih HTML edit atau pada bagian menu atas pilih HTML Editor, makan akan muncul task baru klik edit sekali lagi.

* Untuk file HTML yang di edit akan muncul halaman HTML editor dalam mode desain dalam artian tampilan di halaman editor hampir sama dengan tampilan di halaman Web, silahkan di edit sesuai keperluan, apabila ingin melihat kode HTML nya silahkan klik mode desain di sebelah kiri bawah HTML Editor terebut,setelah di edit jangan lupa di save.

* Untuk edit file PHP ketika di file manager setelah menentukan file mana yang akan di edit keumudian klik kanan dan pilih Edit atau Code Edit, beda antara Edit dan Code edit adalah Pilihan edit hanya menampilkan baris kode tanpa ada tambahan lainnya sedangkan Code Edit sudah lengkap dengan tampilan editor seperti pada editor PHP pada umumnya, disarankan untuk menggunakan Code Edit supaya mudah dalam melakukan proses edit.

Tips sebelum melakukan login ke cpanel hosting dan edit file di cpanel, jika Anda melakukan edit dari komputer publik sangat disarankan gunakan save browsing dan setelah penggunaan lakukan clear cache dan cookie brower supaya jejak loggin terhapus dari browser dan PC