Beberapa Jenis Peninggalan Sejarah

Beberapa Jenis Peninggalan Sejarah

Peninggalan berhubungan dengan Masa lalu, Sejarah adalah cerita yang benar-benar terjadi. Peninggalan sejarah yaitu peninggalan masa lampau yang mempunyai sejarah.

Ada bermacam-macam peninggalan sejarah yang ada di negara Indonesia yaitu

* Fosil, Fosil adalah sisa-sisa tulang belulang manusia dan hewan atau tumbuhan yang membatu. Di Indonesia ditemukan salah satu fosil tengkorak manusia purba yang ditemukan di Sangiran, Jawa Tengah ditemukan pertama kali oleh E. Dubois.

* Peralatan dari zaman dulu, peninggalan peralatan dari zaman dulu alat untuk menangkap ikan dan alat untuk bertani yang terbuat dari tulang, batu dan logam.

* Prasasti, prasasti adalah tulisan-tulisan dari masa lampau. Tulisan-tulisan ini ditulis pada batu, emas, perak, perunggu, tembaga, tanah liat dan tanduk binatang. DI Indonesia ditemukan beberapa prasati misalnya Prasasti Ciaruteun, Prasasti Yupa dan Prasasti Kedukan Bukit. Kebanyakan Prasasti yang ditemukan menggunakan bahasa Sangsekerta dan hurup Pallawa.

* Patung atau Arca, peninggalan patung atau arca berupa patung-patung raja dan ratu atau patung binatang terbuat dari batu, perunggu atau bahkan emas.

* Bangunan, bangunan yang memiliki nilai sejarah antara lain :

- Candi, Candi adalah bangunan kuno yang terbuat dari susunan batu. Contoh peninggalan candi yaitu Candi Borobudur, Candi Prambanan Candi Mendut dan Candi Muaratakus.

- Gedung, gedung adalah suatu bangunan rumah, contoh gedung yang memiliki nilai sejarah yaitu Gedung Stovia, Gedung Sumpah Pemuda, gedung Proklamasi.

- Tempat Ibadah, tempat ibadah yang bernilai sejarah yang ada di Indonesia misalnya Mesjid Demak yang terdapat di Jawa Tengah, Gereja Katedral yang terdapat di Jakarta, Pura Besakih yang terdapat di Bali.

- Benteng, benteng adalah bangunan yang dipergunakan untuk mempertahankan diri dari serangan musuh. contoh benteng peninggalan zaman dulu misalnya Benteng Duurstede yang terletak di Maluku, Benteng Malbourough yang terletak di Bengkulu, Benteng Vredeburg terletak di Yogyakarta.

- Istana, istana adalah tempat tinggal para raja atau pimpinan negara. contoh istana peninggalan sejarah yaitu Kraton Yogyakarta, Kraton Cirebon, Istana Negara dan Istana Bogor.

- Tugu atau Monumen, tugu atau monumen adalah suatu bentuk bangunan yang didirikan untuk memperingati suatu peristiwa. Contoh tugu peninggalan sejarah yaitu Tugu Pahlawan yang terletak di Surabaya, Tugu Proklamator terletak di Jakarta, Monumen Yogja Kembali, Monas dan Monumen Pancasila Sakti terletak di Lubang Buaya.

- Makam, Makam yang mempunyai nilai sejarah yaitu makam Diponegoro terletak di Manado, Makam Bung Karno terletak di Blitar, makam raja-raja Yogyakarta dan Surakarta terletak di Imogiri.

* Naskah, Contoh buku-buku peningggalan sejarah yaitu Kitab Negara Kertagama, Kitab Mahabrata, Kitab Sutasoma. Contoh dokumen penting yaitu Naskah Proklamasi, Naskah Supersemar dan naskah-naskah perjanjian.

dari berbagai sumber