Bagian Tumbuhan Daun dan Bunga

Bagian Tumbuhan Daun dan Bunga,- Tumbuhan mempunyai banyak fungsi yang sangat berguna untuk kelangsungan hidup manusia, didalam tumbuhan terdapat berbagai kandungan dan fungsi yang bisa dimanfaatkan oleh manusia, salah satu manfaat terbesar tumbuhan bagi kehidupan manusia adalah dapat menetralkan udara menjadi udara yang bersih dan sebagai penyerap air.

Bagian Daun dan Fungsinya

Selain memiliki akar dan batang tumbuhan juga memiliki daun dan bunga, selain berwarna hijau daun juga ada yang berwarna kuning, merah atau ungu tapi pada umumnya kebanyakan daun berwarna hijau, warna hijau pada daun disebabkan daun mempunyai klorofil.

Daun berfungsi sebagai tempat pembuatan makanan zat hijau pada daun membantu proses pembuatan sari-sari makanan, sebagai alat pernapasan permukaan daun memiliki mulut daun yang disebut stomata, sebagai alat penguapan sebagian air yang tidak dibutuhkan oleh tumbuhan dikeluarkan melalui mulut daun dalam bentuk uap air.

Daun yang lengkap memiliki tulang daun, helai daun, tangkai daun dan pelepah daun contohnya daunpisang dan daun bambu. Selain daun lengkap ada juga daun yang tidak lengkap seperti daun mangga hanya memiliki tangkai dan helai daun, daun padi hanya memiliki pelepah dan helai daun.

Bentuk daun terdiri dari empat macam yaitu :

* Daun yang bentuk daunnya menyirip contohnya daun mangga, daun jeruk dan daun jambu

* Daun yang bentuk daunnya menjari contohnya daun pepaya, daun singkong, daun pare dan daun semangka

* Daun yang bentuk daunnya sejajar contohnya daun jagung, daun padi dan daun tebu

* Daun yang bentuk daunnya melengkung contohnya daun sirih, daun eceng gondok dan daun genjer


Bagian Bunga dan Fungsinya

Bunga merupakan bagian tumbuhan yang paling menarik bagian bunga yang paling menarik adalah bagian mahkota, mahkota merupakan bagian yang indah dan berwarna-warni. Alat kelamin jantan pada bunga adalah benang sari sedangkan alat kelamin betina adalah putik.

Fungsi bunga adalah sebagai alat untuk perkembangbiakan pada tumbuhan, selain sebagai alat perkembangbiakan bunga juga mempunyai fungsi lain yaitu sebagai hiasan.

Bagian bunga bermacam-macam diantaranya bunga yang sempurna yaitu terdiri dari tangkai, kelopak, mahkota, benang sari, dasar bunga dan putik. Bunga lengkap terdiri dari kelopak, mahkota, benang sari, putik dan dasar atau tangkai bunga.

Bunga jantan yaitu terdiri dari kelopak, mahkota, tangkai bunga dan benang sari. Bunga betina yaitu terdiri dari kelopak, mahkota, tangkai bunga dan putik.

Manusia sering memanfaatkan bunga untuk hiasan baik didalam rumah maupun di halaman rumah, dengan adanya bunga rumah terlihat lebih indah dan asri.

dari berbagai sumber