Bagaimana Cara Mendaftar Domain

Bagaimana Cara Mendaftar Domain,- Ketika kita berbicara tentang nama domain berarti kita berbicara tentang dunia global yang terkait satu sama lain dan saling meberi informasi dengan mudah melalui sebuah media yaitu internet dengan cara mengakses situs web, dikarenakan situs web ini jumlah nya sangat banyak maka perlu adanya sebuah penamaan yaitu yang sering di sebut dengan nama domain

Apa itu nama domain ? pengertian nama domain singkatnya adalah sebuah penamaan untuk alamat internet atau IP agar memudahkan dalam mengingat atau mengakses sebuah alamat website.

Kemudian bagaimana cara kita agar bisa memiliki nama domain ? sebelum kita membeli atau memiliki nama domain sebaiknya mengacu ke kriteria penamaan domain sebagai berikut berikut :

* Penamaan Domain disarankan mencerminkan isi dari website, misalnya webite Anda menjual produk pakaian maka carilah nama domain yang berhubungan dengan pakaian, walupaun ini tidak mutlak harus namun nama domain yang sesuai dengan tujuan website itu sendiri akan menambah elegannya situs web yang dimiliki.

* Nama domain disarankan menggunakan nama yang unik, selain supaya tidak sama dengan nama domain lain namun dengan memiliki nama domain yang unik akan mudah diingat oleh pengunjung, bisa jadi karena nama domain yang unik seorang pengunjung walupun baru sekali berkunjung akan mengingat nama domain Anda selamanya.

* Lakukan registrasi nama domain diperusahaan yang legalitas nya jelas supaya dikemudian hari jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan Anda masih bisa memiliki data registrasi domain dan memungkinkan untuk pindah registrar.

* Nama domain tidak bertentangan dengan hukum, ini perlu diperhatikan bahwa nama domain tidak bertentangan dengan aturan hukum.

* Penamaan domain tidak bersangkut paut dengan produk atau nama peruahaan tertentu yang tidak ada hubungannya dengan Anda, jikapun akan memakai atau mengatas namakan salah satu nama produk yang dimiliki orang lain atau perusahaan lain haruslah mendapatkan ijin secara resmi dan tertulis dari pemilik nama tersebut.

Setelah semua kriteria Anda penuhi kemudian cari penyedia registrasi nama domain baik penyedia dalam negri ataupun luar negri, penyedia nama domain dalam negri dan luar negri dalam sisi kualitas pendaftaran domain tidak ada bedanya alias sama sama memiliki kualitas yang bagus, perbedaan hanya terletak pada harga dan mata uang yang digunakan untuk pembayaran.

Penyedia registrasi nama domain di indonesia misalnya rumahweb.com masterwebnet.com idnetwebhost.com jagoanhosting.com dapurhsoting.com ardhosting.com dll sedangkan penyedia domain diluar negri misalnya godaddy.com hostgator.com bluehost.com justhot.com ipage.com dll

Cari harga yang sesuai dengan kemampuan Anda, harga domain rata-rata sangat murah antara 80 ribu sampai seratus ribuan kemudian lakukan langkah order domain sesuai dengan cara yang ada di masing-masing penyedia domain sampai Anda mendapatkan invoice atau faktur pembelian, setelah melakukan pembayaran biasanya domain aktif maksimal dalah 1x24 jam jika lebih dari 1x24 jam maka Anda perlu menghubungi pihak penyedia domain.

Perlu diketahui bahwa tidak ada kualitas domain baik atau kurang baik, untuk nama domain baik registrasi di dalam negri maupun di luar negri mempunyai kualitas domain yang sama tidak seperti kualitas web hosting yang sangat beragam.