Bagaimana Cara Melatih Disiplin

Bagaimana Cara Melatih Disiplin

Salah satu permasalahan yang sering orang hadapi adalah kurangnya disiplin, setiap orang memiliki tujuan yang ingin dicapai tetapi kurangnya disiplin akan membuat semua itu berantakan dan lebih parah lagi ketika tujuan sulit dicapai akan mengurangi semangat untuk mencapai tujuan tersebut.

Jika kegagalan demi kegagalan terjadi maka akan membentuk sebuah pola kebiasaan yang akan lebih sulit untuk dipecahkan, jadi sebelum itu membentuk sebuah pola kebiasaan sebaiknya Anda mulai merubah diri kearah yang lebih baik.

Berikut adalah beberapa hal kecil yang bisa membuat Anda lebih disiplin :

* Akui pada diri sendiri semua kesalahan yang telah Anda perbuat, terima semua itu dengan bijaksana, katakan pada diri sendiri bahwa Anda memang telah melakukan kesalahan itu, kita semua bukan mahluk yang sempurna, jangan melawan atau tidak jujur atau menutupi kesalahan Anda terhadap diri Anda sendiri dan jangan mencari penyangkalan dalam bentuk apapun, ambil napas dalam-dalam kemudian maafkan diri Anda dan biarkan semua itu pergi lalu lanjutkan hidup Anda.

* Sadarilah bahwa disiplin itu tidak berbentuk, disiplin merupakan konsep umum yang sebenarnya tidak benar-benar ada, terkadang orang berpikir bahwa disiplin adalah mendorong untuk melakukan yang tidak bisa Anda lakukan namun pertanyaannya bagaimana Anda melakukannya ? apa keterampilan yang dibutuhkan untuk melakukan yang tidak bisa dilakukan tersebut ? jawabannya tidak diperlukan keterampilan khusus untuk lebih disiplin melakukan sesuatu, yang dibutuhkan adalah semacam motivasi karena tanpa motivasi Anda tidak akan bisa melakukan apapun, jadi motivasi merupakan kunci utama yang akan mendorong Anda untuk belajar bagaimana melakukannya.

* Tetap fokuskan pada motivasi, apa motivasi Anda ketika mengejar sebuah tujuan ? kemudian bagaimana Anda mempertahankan motivasi di tengah perjuangan tersebut ? memiliki motivasi yang kuat untuk melakukan sesuatu adalah cara agar mendorong diri Anda lebih kuat untuk melakukan kegiatan-kegiatan secara konsisten, ketika sudah konsisten maka Anda akan lebih disiplin.

* Buatlah semuanya mudah, setiap kejadian jangan terlalu di dramatisir, jangan berpikir bahwa yang akan Anda lakukan merupakan sesuatu hal yang terlalu sulit bagi Anda sehingga anda bersembunyi dibalik kesulitan itu dan berupaya mencari alasan untuk tidak melakukkannya, nikmati semua proses yang Anda tempuh.

* Ulangi segala sesuatunya, terkadang kita tergelincir dan berbuat kesalahan pada waktu itu, jangan menyerah, ulangi setiap saat sampai Anda tahu kapan waktunya melangkah dan kapan waktunya untuk berhenti sebentar, Anda akan tahu kebiasaan-kebiasaan terbaik yang harus Anda lakukan.

* Bentuk dunia baru bagi Anda sendiri dalam artian jika Anda sudah merasa dan terbiasa tidak disiplin maka cobalah bentuk dunia baru bagi diri Anda sendiri, jangan lakukan kebiasaan-kebiasaan sebelumnya yang Anda sendiri juga tidak ingin lakukan.

* Perbesar rasa tanggung jawab, lakukanlah hal-hal yang bisa membuat Anda lebih bertanggung jawab akan seauatu, misalnya menerima permintaan pertolongan yang orang minta sampai berhasil yang sebelumnya tidak pernah Anda terima dengan begitu Anda akan lebih percaya diri dan dikemudian hari mampu melakukan dan menyelesaikan hal-hal yang tidak Anda inginkan.

* Jika Anda melatih disiplin untuk orang lain jangan melalui kemarahan yang memvonis tetapi berikan argumentasi yangkuat kenapa harus melakukan hal tersebut dan terus ulangi argumentasi tersebut, sisipkan juga contoh-contoh baik ketika itu harus dilakukan.

Sekali lagi sebelum melakukan semua itu, maafkanlah dahulu diri Anda, terima semuanya dan jangan ditolak, setiap orang bukan mahluk sempurna yang tidak pernah melakukan kesalahan.

Lakukan apa yang ingin Anda lakukan sesegera mungkin! tetap fokus pada tujuan agar Anda menjadi lebih SUKSES.