Apa yang dimaksud dengan Layanan Hosting dan apa Tujuannya

Apa yang dimaksud dengan Layanan Hosting dan apa Tujuannya

Hosting adalah sebuah layanan dimana satu komputer lebih tepatnya komputer yang mempunyai speifikasi server yang kemudian dikonfigurasi sebagai sebuah server internet yang menawarkan sebagian atau seluruhnya untuk digunakan sesuai kebutuhan dalam ruang lingkup hosting itu sendiri yang dapat digunakan oleh satu atau oleh banyak pengguna.

Layanan komputer server ini dapat digunakan apabila ada komputer lain yang sering kita sebut dengan komputer client, dalam penggunaannya hampir seratus persen layanan hosting di akses dan digunakan melalui komputer client, komputer client dalam hal ini adalah komputer yang mengakses komputer yang telah di konfigurasi sebagai server tersebut diatas.

Client menggunakan internet agar dapat terhubung dan mengakses konten yang ada di komputer server dan menampilkan kepada pengguna

Apa jenis layanan hosting yang perlu kita ketahui?

Layanan hosting yang perlu kita ketahui tergantung dari kebutuhan yang kita inginkan dan tergantung apa yang ditawarkan oleh layanan hosting itu sendiri namun pada umunya layanan hosting yang populer dan banyak digunakan adalah sebagai berikut :

Web Hosting

Web hosting adalah layanan hosting yang paling luas dan paling banyak digunakan, Anda dapat mengakses sebuah website dalam 24 jam, 365 hari setahun, didalam web hosting juga menawarkan berbagai fasilitas lain seperti e-mail, ftp, database, serta menawarkan dan memanfaatkan bahasa pemrograman yang berbeda seperti perl, php, java, xhtml, html dan lain-lain.

Hosting untuk penyimpanan data atau arsip data

Hosting ini hampir sama dengan web hosting, perbedaannya adalah server hanya menyimpan file bukan situs web yang bersifat aplikasi web lengkap, keuntungan dari hosting ini adalah penyimpanan informasi dan aksesibilitas yang dapat diakses darimana saja ketika kita memerlukan sebuah data dengan kecepatan yang lebih karena yang diakses hanya berupa data, biasanya perusahaan besar yang memiliki banyak cabang mengunaka hosting jenis ini.

Hosting khusus untuk kumpulan gambar

Hosting ini hanya menyimpan gambar tanpa menjalankan fitur lain misalnya tanpa menjalankan Audio dan Video, hosting ini memungkinkan bagi para pemiliknya dapat mengupload gambar dalam resolusi besar dan dalam jumlah besar yang biasanya pihak penyedia shared hosting membatasi ukuran file gambar yang boleh di upload kesebuah hosting dengan pertimbangan penurunan bandwith dan resource penggunaan CPU.

Hosting khusus untuk Audio dan Video

Hosting ini khusus untuk menjalankan dan memutar audio video secara langsung atau yang sering disebut dengan live streaming, live streaming sendiri jika dijalankan di shared hosting akan besar efeknya terhadap kecepatan server hosting dan akan mengganggu pengguna hosting lainnya, contoh yang mengunakan khusus audio video seperti youtube

E-Mail Hosting

E-mail hosting adalah jenis hosting khusus dalam menawarkan layanan surat elektronik, jenis hosting ini biasanya ditawarkan bersama dengan web hosting atau setidaknya dengan registrasi nama domain.

Shared web hosting

Shared web hosting adalah bentuk yang paling populer dari web hosting, shared hosting dapat diartikan berbagi kapasitas hosting dalam sebuah server, konten web dll disimpan dalam sebuah server fisik yang biasanya dibedaakan dengan jenis paket hosting yang telah ditentukan pihak penyedia hosting dan dibedakan oleh username dan password, hosting ini sangat cocok bagi konten yang tidak terlalu berat dan tidak terlalu menghabiskan rseource server hosting.

Dedicated hosting atau dedicated server

Berbeda dengan shared hosting, dedicated hosting sifatnya tidak berbagi dengan pengguna lain, dedicated hosting merupakan hosting yang biasanya dimiliki oleh satu pemilik, hosting jenis ini biasa digunakan oleh perusahaan yang memiliki konten web yang besar atau memiliki system yang bersifat peka dan pemilik system ingin lebih aman dalam penggunaan system.

Semua konfigurasi dan penggunaan serta pengoptimalan hosting ini sepenuhnya ditanggung oleh pemilik dedicated hosting, pihak penyedia hanya bersifat mengelola jaringan supaya dedicated hosting bisa tetap diakses dari sisi jaringan atau tetap stabil dari sumberdaya lain seperti listrik.

Colocation Server

ini merupakan sebuah komputer yang dijadikan server dan pemilik server bersifat menyewa tempat untuk menyimpan server tersebut dan semua penanganan dilakukan sepenuhnya oleh pemilik server, beda dengan dedicated hosting atau dedicated server adalah dedicated server biasanya juga dapat dimiliki dengan cara menyewa dari sebuah perusahaan hosting sedangkan colocation server merupakan server yang dibeli sendiri dan disimpan disebuah tempat penyimpanan yang biasa disebut dengan Data Center.

Bagaimana cara memiliki hosting tersebut dan apakah harus ada pengetahuan lain sebelum kita memutuskan untuk menggunakan layanan sebuah perusahaan hosting ? jawabannya ya! kita harus memiliki pengetahun dan informasi yang jelas mengenai perusahaan hosting yang jasanya akan kita pakai, silahkan simak hal-hal yang harus diketahui ketika memilih web hosting