Alat Indra Peraba pada Manusia

Alat Indra Peraba pada Manusia,- Indra peraba adalah kulit, fungsi kulit yaitu untuk melindungi bagian-bagian tubuh sebelah dalam kita dari pengaruh luar dan juga berfungsi mengatur suhu tubuh. Zat yang dapat menentukan warna kulit seseorang adalah pigmen. Air dan garam-garam mineral dikeluarkan dari kulit melalui pori-pori atau lubang keringat.

Kulit menyelimuti seluruh bagian tubuh kita dan merupakan lapisan terluar dari tubuh kita, kulit terdiri dari lapisan kulit ari dan kulit jangat. Fungsi kulit ari adalah melindungi bagian-bagian kulit di bawahnya dari pengaruh luar. Kulit ari tersusun atas sel-sel terluar dari lapisan malpighi yang telah mati.

Kulit ari terdiri dari lapisan zat tanduk dan lapisan zat malpighi, pigmen atau zat yang menentukan warna kulit terdapat pada kulit ari. Kulit jangat terdiri atas ujung-ujung saraf peraba, kelenjar minyak, kelenjar keringat, pembuluh darah, zat lemak dan akar rambut.

Bagian-bagian dari kulit yang pertama Epidermis merupakan lapisan terluar dari kulit yang tersusun dari kulit ari dan lapisan malpighi, Pada lapisan Epidermis terdiri dari saluran keringat, pori-pori dan ujung rambut. yang ke dua yaitu Dermis merupakan lapisan yang berada di bawah atau di sebelah dalam Epidermis yang terdiri dari kelenjar keringat, kelenjar minyak, akar rambut, pembuluh darah, saraf dan reseptor indra peraba. Yang ke tiga yaitu lapisan Hipodermis merupakan lapisan kulit yang paling dalam yang mengandung jaringan lemak yang banyak yang berguna untuk menghangatkan tubuh.

Cara kerja kulit yaitu menerima rangsang yang berupa sentuhan panas, dingin, tekanan dan nyeri kemudian diteruskan melalui urat saraf ke otak selanjutnya otak memproses rangsangan tersebut.

Pada kulit terdapat ujung-ujung sarap peraba atau disebut juga reseptor yang peka terhadap rangsangan diantaranya badan meissner yaitu saraf peraba untuk rangsang sentuhan, badan pacini yaitu saraf peraba untuk rangsang tekanan, badan krause yaitu saraf peraba untuk rangsang dingin, badan rufini yaitu saraf peraba untuk rangsang panas dan ujung saraf bebas untuk rangsang nyeri.

beberapa gangguan yang dapat terjadi pada kulit yaitu jerawat timbul akibat kulit yang kotor, panu dan kadas disebabkan oleh jamur, kanker kulit dan eksim.

Kita harus menjaga dan memelihara kesehatan kulit agar kulit kita tetap bersih dan sehat usahakan mandi sehari dua kali, sebelum tidur harus cuci kaki dan cuci tangan, perbanyak makan buah dan sayuran, dan makan makanan yang mengandung vitamin E .