Alat Indra Pengecap pada Manusia

Alat Indra Pengecap pada Manusia,- Alat indra pengecap yaitu lidah, dengan lidah kita dapat membedakan rasa pahit, rasa manis, rasa asin dan rasa masam dengan mengguakan lidah. Lidah merupakan kumpulan otot rangka pada bagian lantai mulut yang dapat membantu pencernaan makanan.

Kita berbicara dibantu oleh lidah, pada saat kita makan lidah membantu membolak balik makanan dalam mulut dan membantu menelan makanan.

Bintil-bintil pada permukaan lidah sangat peka terhadap rangsang rasa makanan atau minuman yang masuk ke dalam mulut karena pada bintil-bintil itu terdapat ujung-ujung saraf pengecap.

Bagian pengecap yang ada di pinggir papila disebut tunas pengecap yang terdiri dari dua sel yaitu sel penyokong dan sel pengecap.

Sel penyokong mempunyai fungsi untuk menopang sedangkan sel pengecap mempunyai fungsi sebagai reseptor.

Bagian-bagian pada lidah yaitu bagian ujung lidah sebagai pengecap rasa manis, bagian tepi depan lidah sebagai pengecap rasa asin, bagian tepi belakang sebagai pengecap rasa masam dan bagian pangkal lidah sebagai pengecap rasa pahit.

Cara kerja lidah atau proses pengecapan makanan yaitu makanan yang mengenai lidah akan merangsang kuncup-kuncup pengecap di permukaan lidah selanjutnya rangsangan rasa dari kuncup pengecap dibawa oleh saraf-saraf pengecap ke pusat saraf pengecap di otak kemudian otak akan menanggapi rangsang dan membedakan rasa makanan yang kita makan.

Gangguan pada lidah biasanya disebabkan karena kekurangan vitamin C sehingga mengakibatkan sariawan, sariawan yaitu sejenis infeksi jamur yang berupa bintik-bintik putih pada lidah, langit-langit mulut atau gusi.

Jika kita sudah terkena sariawan akan sangat mengganggu seperti pada saat makan akan terasa sakit.

Beberapa cara untuk menjaga dan memelihara kesehatan lidah diantaranya jangan makan makanan yang terlalu panas atau sebaliknya yang terlalu dingin.

Perbanyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C untuk mencegah sariawan, sikat lidah pada saat kita menggosok gigi supaya kotoran yang menempel pada lidah bersih sehingga bisa mencegah bau mulut.

Jangan makan makanan yang terlalu panas, terlalu asin, terlalu asam atau terlalu pedas karena akan mengakibatkan berkurangnya kepekaan pada lidah kita.