Alat Indra Pendengaran atau Telinga

Alat Indra Pendengaran atau Telinga,- Kita dapat mendengar bermacam-macam suara dengan telinga kita, manusia hanya bisa mendengar suara yang berfrekwensi antara 20 - 20.000 getaran per detik atau disebut frekwensi audiosonik.

Cara kerja telinga yaitu suara masuk melalui lubang telinga dan menggetarkan selaput gendang, kemudian getaran diteruskan melalui tiga tulang pendengaran menuju tingkap jorong sampai ke rumah siput, selanjutnya getaran diteruskan oleh saraf-saraf pendengaran di dalam rumah siput ke otak.

Bagian-bagian telinga yaitu

* Telinga bagian luar terdiri dari daun telinga yang berfungsi untuk menangkap suara dari luar, lubang telinga berfungsi meneruskan suara dari daun telinga ke gendang telinga dan gendang telinga berfungsi untuk menangkap gelombang suara yang akan diubah menjadi getaran dan akan diteruskan ke tulang-tulang pendengaran.

* Telinga bagian tengah terdiri dari tulang martil, tulang landasan dan tulang sanggurdi. Fungsi telinga bagian tengah yaitu menangkap suara yang ditangkap oleh telinga bagian luar, pada telinga bagian tengah terdapat saluran eustachius yang merupakan saluran yang menghubungkan telinga dan rongga mulut yang berfungsi untuk menyeimbangkan tekanan udara antara telinga luar dengan telinga dalam.

* Telinga bagian dalam terdiri dari tingkap jorong, tingkap bundar, tiga saluran setengah lingkaran dan rumah siput atau disebut koklea. Rumah siput merupakan bagian telinga dalam yang merupakan tempat pengatur keseimbangan tubuh.

Telinga dapat mengalami gangguan, gangguan yang dapat terjadi pada telinga diantaranya tuli adalah ketidakmampuan telinga untuk mendengarkan suara, congek adalah penyakit telinga karena disebabkan infeksi pada bagian telinga yang tersembunyi dan radang telinga adalah peradangan telinga bagian tengah yang biasanya disebabkan oleh penjalaran infeksi dari tenggorok (faringitis) dan sering terjadi pada anak-anak.

Kita harus senantiasa memelihara kesehatan telinga agar telinga kita tetap terjaga kesehatannya diantaranya dengan cara membersihkan telinga dengan teratur, ketika membersihkan telinga jangan menggunakan benda yang tajam karena akan mengakibatkan cedera pada telinga dan bisa mengakibatkan infeksi dan dapat merobek gendang telinga, gunakanlah benda yang lunak seperti kapas pembersih.