Alat Indra Penciuman pada Manusia

Alat Indra Penciuman pada Manusia,- Alat indra penciuman yaitu hidung, kita bernafas juga melalui hidung, hidung merupakan bagian dari wajah yang berfungsi untuk menghirup udara pernapasan, menyaring udara, menghangatkan udara pernapasan dan juga berperan dalam resonansi suara. Keuntungan bernapas melalui hidung adalah udara yangmasuk lebih bersih karena udara yang masuk disaring oleh bulu hidung.

Hidung selain sebagai alat untuk bernafas juga merupakan alat indra manusia yang menanggapi rangsang bau, hidung terdiri dari dua bagian yaitu bagian lubang hidung dan rongga hidung, dalam rongga hidung terdapat selaput lendir atau disebut juga membran mukus dan dipermukaannya banyak terdapat serabut-serabut saraf pembau dan terdapat rambut halus yang disebut bulu hidung atau silia.

Selaput lendir dan bulu hidung mempunyai fungsi untuk menyaring kotoran yang masuk kedalam hidung bersamaan dengan udara pernapasan. Yang menyebabkan manusia bersin adalah ketika ada kotoran yang masuk ke lubang hidung, maka selaput lendir akan terangsang sehingga menimbulkan rasa geli dan akan terjadi bersin.

Cara kerja hidung yaitu udara yang mengandung partikel-partikel zat kimia tertentu masuk ke rongga hidung, kemudian zat kimia yang dibawa udara larut dalam selaput lendir hidung dan zat yang larut dalam selaput lendir mengaktifkan sel-sel saraf pembau, kemudian rangsangan bau dari sel-sel saraf pembau diteruskan ke otak untuk di olah.

Gangguan pada hidung bisa mengakibatkan kepekaan hidung menjadi berkurang atau bahkan tidak dapat mencium bau, biasanya disebabkan oleh radang atau sakit pilek yang menghasilkan lendir atau ingus sehingga menghalangi bau mencapai ujung saraf pembau.

Misalnya gangguan pada hidung seperti pilek atau tersumbatnya saluran pernapasan, polip atau daging yang tumbuh di dalam rongga hidung atau gangguan lain seperti rusaknya saraf pembau akibat cedera pada kepala.

Gangguan lainnya yaitu adanya kotoran pada hidung atau bulu hidung yang terlalu banyak, supaya penciuman tidak terganggu harus rajin membersihkan kotoran dalam rongga hidung dan merapikan bulu-bulu pada hidung.

Kita harus selalu menjaga kesehatan hidung kita supaya bisa berfungsi dengan baik salah satunya dengan memelihara kesehatan hidung seperti membersihkan hidung secara rutin, harus menutup hidung jika berada di lingkungan yang kotor dan bau, periksakan ke dokter jika kita mengalami gangguan pada hidung.