Ujian Nasional Hari Pertama SMP diwarnai dengan Kekurangan Soal

Ujian Nasional Hari Pertama SMP diwarnai dengan Kekurangan Soal

Ujian Nasional untuk Sekolah Menegah Pertama ( SMP ) mulai tanggal 22 April 2013 di beberapa SMP di informasikan dari beberapa statsiun TV terjadi kekurangan soal yang akhirnya untuk mengatasi hal tersebut pihak sekolah mem foto copy soal agar semua siswa dapat mengikuti ujian nasional.

Namun hal ini tidak begitu saja mengatasi masalah yang terjadi dikarenakan sebagian soal yang di foto copy tidak sepenuhnya terbaca olleh siswa dikarenakan hasil foto copy yang tidak begitu jelas terlihat namun selain soal yang tidak terbaca ada ada efek lain terhadap siswa yaitu konsenstrasi siswa sudah jelas akan sedikit terganggu karena tidak nyaman ketika membaca soal ujian.

Selain kekurangan soal ujian bahkan di bekasi terdapat soal ujian yang nyasar seperti yang dilansir kompas.com "Soal UN sekolah ini sempat nyasar ke salah satu sekolah di Bogor saat didistribusikan oleh percetakan pada Minggu (21/4/2013) sore," ujar Kepala SMPN 1 Kota Bekasi, Ida Kholida, di Bekasi, Senin (22/4/2013).

Kejadian hal-hal yang tidak membuat ujian lancar sebenarnya bukan hanya tahun 2013 saja namun beberapa tahun sebelumnyapun berbagai masalah terjadi terkait dengan penyelenggaraan ujian nasional.

Ujian Nasional Hari Pertama SMP diwarnai dengan Kekurangan Soal ada yang menyebutkan juga dikarenakan adanya keterlambatan dari pihak percetakan, semoga saja ini bukan hanya sekedar saling menyalahkan.

Mudah-mudahan ini bukan merupakan hal yang dianggap biasa oleh kementerian pendidikan dengan tidak berpikiran bahwa yang terjadi masalah hanya di beberapa tempat saja dimana hanya sekian kecil persen dibanding dengan jumlah keseluruhan SMP yang melakukan Ujian Nasional.