Tempat Wisata Lombok

Tempat Wisata Lombok

Lombok adalah sebuah pulau yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) Indonesia, dengan ibu kotanya bernama Mataram, Pulau Lombok merupakan bagiandari rantai Kepulauan Sunda Kecil yang dalam ukuran dan kepadatan termasuk dalam seni dan budaya mempunyai kemiripan dengan Bali.

Jumlah penduduk di Pulau Lombok berjumlah 3.16 juta berdasarkan sensus tahun 2010 dimana tersebar di 4 kabupaten dengan Mataram sebagai ibukota provinsi.

Pariwisata merupakan sumber pendapatan yang penting di Lombok, Kawasan wisata yang paling maju berada didaerah pantai barat yang berpusat di kota Senggigi, wisata pantai barat tersebar sepanjang km 30, Kawasan wisata utama meluas ke Tanjung di barat laut di kaki Gunung Rinjani dan termasuk Peninsulas, Medana dan Gili yang sangat populer.

Sejumlah besar hotel dan resort menawarkan akomodasi mulai dari yang bertarif mewah sampai yang bertarif biasa, saat ini tersedia layanan kapal cepat dari Bali ke pulau-pulau Gili sehingga akses menjadi lebih cepat.

Beberapa Tujuan Tempat Wisata Lombok :


  • Tempat Wisata Alam

* Pantai Senggigi
* Cakranegara
* Gili Air
* Gili Meno
* Gili Trawangan
* Gunung Rinjani
* Pantai Kuta, Lombok
* Sembalun
* Tetebatu
* Air Terjun Sendang Gile
* Gili Nangu
* Gili Sundak
* Gili Tangkong
* Hutan Monyet Pusuk
* Sentanu

=> Tempat Wisata Budaya
* Rambitan
* Sukarara
* Masjid Bayan Beleq
* Pura Suranadi
* Pura Lingsar
* Taman Narmada
* Taman Mayura

Bagian selatan Lombok Selatan dianggap sebagai daerah selancar terbaik di dunia termasuk Desert Point di Banko Banko dibagian barat daya pulau, Pantai barat dekat Tanjung memiliki banyak hotel dan villa yang melengkapi bintang 5 yang dilengkapi dengan lapangan golf besar.

=> Transportasi

Bandara Internasional Lombok berada Praya Lombok yang mulai beroperasi pada tanggal 1 Oktober 2011 ini menggantikan Bandara Selaparang Ampenan, Bandara ini merupakan Bandara Internasional yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Bandara Selaparang di Ampenan ditutup untuk operasi pada malam 30 September 2011 yang sebelumnya menyediakan fasilitas untuk layanan domestik ke Jawa, Bali, dan Sumbawa dan layanan internasional ke Singapura, Kuala Lumpur melalui Surabaya dan Jakarta yang berada di Jalan Adi Sucipto di pinggiran kota Mataram.

Pelabuhan Lembar yang berada di barat daya yang menyediakan fasilitasferi untuk kendaraan dan layanan penumpang ke Poto Tano di Sumbawa, kapal Pelni Line menyediakan layanan jaringan kapal penumpang untuk tujuan nasional keseluruh Indonesia yang berkantor di Ampenan.
Layanan Fastboat disediakan untuk pergerakan penumpang antara pulau terdekat Bali dan terutama melayani rute ke Kepulauan Gili.

--------------------------------------------------------------------------------
Lombok sendiri dikelilingi oleh banyak pulau antaranya adalah :
=> Kabupaten Lombok Utara
* Gili Trawangan
* Gili Meno
* Gili Air
=> Kabupaten Lombok Barat
* Gili Nanggu
* Gili Sudak
* Gili Tangkong
* Gili Poh
* Gili Genting
* Gili Lontar
* Gili Layar
* Gili Amben
* Gili Gede
* Gili Anyaran
* Gili Layar
* Gili Asahan
=> Sebelah selatan Kabupaten Lombok Barat
* Gili Solet
* Gili Sarang Burung
* Gili Kawu
=> Kabupaten Lombok Timur bagian tenggara
* Gili Indah
* Gili Merengke
* Gili Belek
=> Kabupaten Lombok Timur bagian timurlaut
* Gili Lawang
* Gili Sulat
* Gili Pentangan
* Gili Bidara (Pasaran)
* Gili Lampu
Sumber Wikipedia http://en.wikipedia.org/wiki/Lombok
--------------------------------------------------------------------------------
Lombok mulai dikenal para wisatawan mancanegara pada dasawarsa tahun 1990-an dan Pada tahun 2007 sampai sekarang sektor pariwisata di pulau lombok adalah satu-satunya sektor yang paling berkemban.