Cara Cek Broken Link di Wordpress

Cara Cek Broken Link di Wordpress

Bagi Anda yang ingin mengatahui cara cek broken link di wordpress berikut adalah cara yang paling mudah yang bisa dilakukan yaitu dengan menggunakan plugin Broken Link Checker, plugin ini akan secara otomatis melakukan pengecekan terhadap semua link yang sudah mati atau sering disebut dengan istilah broken link.

Mengetahui link yang sudah mati atau yang sudah tidak dapat diakses pada sebuah blog sangatlah penting karena broken link akan menurunakan kualitas sebuah blog di mata search engine dan tentu juga akan merugikan pengunjung ketika link yang akan diakses sudah tidak ada.

Berikut adalah langkan cara insatall plugin Broken Link Checker :

* Login ke Dashboard WP

* Pada menu kiri bagian Plugins klik Add New

* Kemudian ketik Broken Link Checker yang sebelah kanan bagian description tertulis By Janis Elsts.

* Kemudian klik Install Now dan Activated

* Setelah ter install pada menu kiri bagian Settings akan muncul sub menu baru lalu pilih Link Checker

* Setelah berada di halaman link checker terdapat beberapa tab yaitu :
- General
- Look For Links In
- Wich LInk to Check
- Protocols & APIs
- Advanced

Bagi Anda yang pemula, konfigurasi yang ada di halaman Broken Link Checker bisa dibiarkan default karena itu sudah cukup namun jika sudah cukup paham tentang seputar dunia Blog atau Website silahkan tambahkan konfigurasi lain yang perlu di tambahkan.

Apabila ada broken link yang ditemukan entah itu dari link internal blog Anda sendiri atau dari link luar/dari blog lain maka akan muncul di bagian General silahkan klik dan lihat daftar link yang broken kemudian tentukan apakah ingin di perbaiki atau dibuang.

Sekali lagi mengetahui Cara Cek Broken Link di Wordpress ini cukup penting untuk mencari dan menentukan link mana saja yang harus diperbaiki atau harus di buang, terkadang link berasal dari luar misalnya dari komentar orang lain yang mencantumkan blog mereka namun karena beberapa hal blog tersebut sudah tidak dapat diakses.