Tips Mempercepat Smartphone Android

Tips mempercepat smartphone Android

Smartphone Android bisa kita temukan dimana-mana dari mulai Smartphone Android kelas bawah, menengah dan Android kelas atas (high end ) pertama kali dibeli biasa nya terasa cepat namun seiring berjalan nya waktu semakin lama semakin terasa lambat apalagi ketika usdah diinstall aplikasi yang berjalan di background.

Penyebab smartphone terasa lambat secara umum disebabkan adanya aplikasi yang berjalan di background, aplikasi ini secara terus menerus menjalankan perintah di system terlepas dari kelas Android itu sendiri.

Berikut adalah tips mempercepat Smartphone Android :

1. Update firmware smartphone Anda, Firmware memperbaiki beberapa lag, bug, dll

2. Jika sudah sangat terasa lambat lakukan reset ke setelan pabrik ( factory reset ) melakukan reset ke setelan pabrik akan menghapus dan membawa ponsel Anda kembali ke kondisi baru, ini adalah pilihan yang bersifat sementara.

* Sebelumnya lakukan Back up kontak, memo, dan backup setiap informasi penting (seperti password yang disimpan di browser)

3. Cari aplikasi yang berguna di Google Play misalnya :

* Task Killer, auto task killer yang dapat memperingan kinerja RAM sehingga mempercepat kinerja ponsel.

* Anti virus, Anti virus akan membebaskan pondel dari virus dan malware, ini biasanya memperlambat telepon Anda.

* Gunakan aplikasi start up manager, yang bisa memilih aplikasi mana saja yang ingin dijalankan ketika ponsel mulai dinyalakan.

* Tools pembersih cache untuk membersihkan tembolok dari memori mobile.

4. Pindahkan Apps ke kartu SD Ini juga bisa mempercepat kinerja smartphone dengan tidak membebankan semua aplikasi ke penyimpanan internal.

5. Uninstall aplikasi yang tidak digunakan.

6. rooting telepon, berikut adalah daftar hal-hal yang dapat Anda lakukan setelah rooting ponsel :

* Overclocking prosesor ponsel, hal ini akan mempercepat kinerja smartphone, tetapi akan memakan kinerja baterai lebih dari sebelumnya.

* Kemampuan untuk menghapus file yang tidak diinginkan ( aplikasi pra-install) Hati-hati jangan sampai menghapus aplikasi sistem, seperti launcher atau status bar.

* Unroot telepon Anda sebelum memperbarui firmware.

Harap diperhatikan untuk poin 1, 2 dan 6 jangan dilakukan jika Anda benar-benar tidak tahu cara dan efek yang akan terjadi, ada kemungkinan ponsel akan mati ( resiko ditanggung sendiri, garansi biasanya akan jadi tidak berlaku )

Tips mempercepat smartphone Android diatas yang paling simple dan bisa dilakukan setiap saat dan cara ini saya pakai dalam keharian Saya adalah dengan menggunakan Task Killer yaitu proses mematikan aplikasi yang tidak terpakai kalau di windows sama dengan exit program karena di android pada umumnya tidak ada close aplication setelah aplikasi dijalankan.