Situ yang Ada di Jawa Barat

Situ yang Ada di Jawa Barat

Menyambung artikel sebelumnya tentang Tempat Wisata Berupa Situ ( Danau ) di Jawa Barat dimana Situ-situ tersebut bisa Anda jadikan pilihan sebagai tempat tujuan Wisata.

Seperti yang kita ketahui Situ dalam Bahasa Sunda Atau Danau dalam Bahsa Indonesia terbentuk dari akumulasi air tawar atau air asin dalam jumlah besar di suatu tempat yang cukup luas, ini dapat terjadi karena aliran sungai, adanya mata air atau bisa disebabkan karena mencairnya glester.

Beberapa Situ yang ada di Jawa Barat diantaranya : Situ Patengan, Situ Lembang, Situ Bagendit, Balong Keramat Darmaloka, Situ Lengkong, Situ Sukarame, Danau Wanayasa, Situ Gede Bogor dll

Baik, kita lanjutkan pembahasan sebelumnya

- Situ Bagendit, terletak di Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut Jawa Barat yang tepatnya berletak di Desa Bagendit, Situ Bangendit merupakan objek wisata alam berupa danau, di Situ Bagendit kita bisa menikmati pemandangan bersama keluarga atau bisa juga mengelilingi Danau menggunakan rakit atau perahu di Situ Bagendit disediakan juga sarana bersepeda air.

Akses ke Situ Bagendit yaitu 4km dari pusat Garut dimana keita bisa menggunakan sarana angkot jurusan terminal guntur - Kp. mengger dan Garut Limbangan, dilihat dari kualitas keamanan dan pemandangan sepanjang perjalanan menuju Situ Bagendit cukup baik, kebanyakan pengunjung yang berkunjung ke Situ Bagendit bersasal dari Bandung, Sukabumi, Bogor, Jakarta, Tasikmalaya dan warga Garut Sendiri.

- Balong Keramat Darmaloka, adalah danau yang berada di tepi lintasan jalan Cirebon - Kuningan - Ciamis, Sejarah Balong Keramat konon merupakan peninggalan zaman Walisongo ketika menyeberkan agama islam pada ratusan tahun lalu, bisa dinamakan keramat karena berhubungan dengan hal tersebut.

Balong Keramat Darmaloka sendiri mempunyai beberapa bagian yaitu :

* Balong Ageung
* Balong Bangsal
* Balong Beunteur
* Bale Kambang
* Sumber Air Cibinuang

Konon Balong Keramat juga dihuni oleh ikan Dewa yang biasa disebut juga dengan Ikan Kancra Bodas, Balong keramat disekililingnya ditumbuhi pohon-pohon tropis yang menyejukan dan rindang, objek wisata ini memiliki luas wilayah skitar 3 Ha, di Balong Keramatjuga terdapat makam Syekh Rama Gusti yang dulu ditugaskan oleh Walisongo untuk menyebarluaskan agama islam di daerah tersebut.

- Situ Lengkong, Situ Lengkong atau juga sering disebut Situ Lengkong Panjalu merupakan sebuah Danau yang berada di Kecamatan Panjalu Ciamis Jawa Barat Indonesia.

Penetapan Situ Lengkong sebagai Cagar Alam ditetapkan oleh keputusan Gubernur Jendral Hindia Belanda (Besluit van den Gouverneur-Generaal van Nederlandsch Indie) pada tanggal 21 Februari 1919 dengan nomor surat 6.

Sejarah Situ Lengkong konon dahulunya meupakan pusat pemerintahan Kerajaan Panjalu Ciamis dibuktikan dengan adanya penermuan-penemuan yang mengarah ke sejarah tersebut, Situ lengkong berjarak 35 kilo meter kesebelah utara Kabu[aten Ciamais, saat ini Panjalu sudah berkembang menjadi tempat tujuan wisata, baik wisata alam, wisata budaya maupun sebagai tujuan ziarah dengan adanya Makam Prabu Harian Kancana di Pulau Nusa Larang di tengah Situ Lengkong Panjalu.

Bersambung