Pertanyaan yang Harus dijawab Sebelum Anda Mulai Bisnis

Pertanyaan yang harus dijawab sebelum Anda mulai bisnis

Sebelum memulai bisnis Anda harus tahu dan tanyakan pada diri sendiri maupun orang lain tentang bisnis yang akan Anda jalani, pertnyaan-pertanyaan tersebut meliputi kapan waktu terbaik untuk menjual, dan apa yang perlu Anda pertimbangkan sebelum menjual dan pertimbangan-pertimbangan lainnya.

Kumpulkan informasi sebanyak mungkin yang bisa didapat, tetapi dalam hal ini seorang pebisnis sejati pada awalnya adalah bermodalkan keberanian, pertimbangan memang diperlukan tapi jangan sampai pertimbangan malah menjadikan Anda kebingungan menentukan keputusan, tetap ada resiko yang harus diambil.

Jadi apa saja Pertanyaan yang harus dijawab sebelum Anda mulai bisnis, berikut adalah pertanyaan-pertanyaan kunci yang dapat membantu Anda mempersiapkan diri sebelum memulai berbisnis.

Apakah bisnis Anda siap untuk menjual ? setidaknya perlu satu sampai dua tahun untuk persiapan sebelum menempatkan bisnis Anda di pasar, pastikan produk yang Anda tawarkan tetap akan diminati dalam beberapa tahun kedepan, jangan sampai anda menggeluti bidang yang akan tidak populer dalam waktu yang singkat.

Bagaimana pembeli akan menghargai bisnis saya ? sebelum memikirkan untung terlalu jauh pastikan layanan konsumen Anda diperhatikan dengan baik walaupun hasilnya belum terasa karena dari situlah bisnis Anda akan dikenal dan mulai beranjak naik.

Siapa yang harus berada di tim ketika Anda menjual? Sangat penting bagi pengusaha untuk mencari tahu siapa sumber daya manusia yang akan mendukung bisnis Anda, pembeli biasanya akan memilih tim yang baik ketika memutuskan untuk membeli produk Anda.

Kapan watu yang tepat untuk menjual ? Mulai perkenalkan bisnis Anda sedini mungkin jangan sampai ketinggalan start oleh pesaing, ketika Anda sudah banyak mendapatkan informasi tentang peluang bisnis yang ingin dijalankan segeralah mulai tidak harus menungg 100% siap karena keputusan dan kebijakan terbaik yang Anda ambil merupakan hasil dari pengalaman bisnis itu sendiri jadi tidak mungkinn Anda bisa memutuskan apa yang terbaik sedangkan Anda sendiri belum pernah menjalaninya.

Apakah pasar yang tepat untuk bisnis Anda ? melihat kondisi pasar pada saat ini dan kondisi pasar pada beberapa tahun yang akan datang merupakan sebuah hal penting yang harus Anda lakukan seperti pada poin sebelumnya jangan sampai bisnis Anda merupakan bisnis yang akan tidak dinikmati dalam jangka waktu dekat.

Dapatkah bisnis Anda menyesuaikan dengan perubahan ? misalnya perubahan dari sisi teknologi yang begitu cepat, peningkatan globalisasi dalam segala bidang dan tren bisnis lainnya, pastikan bisnis Anda dapat dikembangkan kearah perubahan tersebut.

Dapatkah bisnis saya berkembang tanpa saya ? maksudnya adalah Jika pembeli khawatir bahwa bisnis terlalu tergantung pada pemilik, maka ia dapat mengambil tawaran di tempat lain, "Sebuah bisnis yang baik dapat beroperasi ketika pemilik berlibur dan memiliki diversifikasi pendapatan yang baik"

Apakah Anda sebagai pemilik siap melayani konsumen secara langsung ? ketika bisnis baru dimulai maka semua hal yang paling tahu tentang bisnis yang Anda jalani adalah Anda sendiri sebelum semuanya berjalan lancar dan bisnis tersebut belum ada orang yang bisa Anda percayakan tanganilah sendiri, mungkin bawahan-bawahan Anda sebelum meraka terbiasa akan banyak membutuhkan arahan-arahan langsung, jadi Anda belum saatnya meninggalkan bisnis untuk berlibur sebelum semuanya terkoordinasi dengan baik.

Apa kendala yang akan dihadapi ? prediksi-prediksi untuk hal ini perlu Anda ketahui bahkan sebelum memulai misalnya seputar akuntansi dan seputar hak kekayaan intelektual, apakah tingkat garansi pengembalian atas produk yang Anda jual akan tinggi ?, bagaimana dengan ulah para pesaing yang mungkin akan mengganggu ditengah perjalanan dll

Seberapa lama Anda siap mengeluarkan biaya operasional awal ? sebelum bisnis Anda menguntungkan tentu perusahaan yang Anda bangun harus mengeluarkan biaya untuk operasional walaupaun belum membuahkan hasil, misalnya untuk melakukan promosi, biaya karyawan dan kebutuhan operasional lainnya, ini merupakan sesuatu hal yang wajar.

diluar sana pasti masih ada banyak pertanyaan yang harus dijawab sebelum Anda mulai bisnis tetapi pada intinya seperti yang dibahas dalam paragraf awal, kita tidak bisa menunggu sampai benar-benar siap 100% untuk memulai, ada resiko yang tetap harus diambil dan penglaman terbaik untuk menjalankan bisnis Anda adalah dari pengalaman menjalankan bisnis itu sendiri yang tidak mungkin didapat sebelum Anda menjalaninya.