Mengoptimalkan Landing Pages Untuk Iklan

Mengoptimalkan Landing Pages Untuk Iklan

Setelah Anda pasang iklan misalnya di Google AdWords dan telah mengelola kampanye AdWords secara baik dan profesional jangan lupa untuk mengoptilakan halaman website yang menerangkan produk yang Anda tawarkan, sebanyak apapun iklan dipasang konversinya tidak akan begitu signifikan ketika pengunjung yang masuk ke Website kebingungan bahkan tidak menemukan informasi seperti yang mereka lihat di iklan.

Sekali lagi iklan yang Anda pasang tidak akan terasa signifikan bahka bisa jadi tidak menghasilkan apapun jika landing page tidak berkinerja dengan baik, jadi apa gunanya membayar untuk mendatangkan pengunjung jika website Anda 100% siap untuk memberikan informasi atas produk yang Anda iklankan.

dalam mempersiapkan landing page berikut daftar yang telah Saya persiapkan yang bisa Anda pertimbangkan untuk mengoptimalkan landing page berdasarkan informasi dari berbagai sumber dan berdasarkan pengalaman pribadi.

* Halaman landing page harus memberikan informasi yang jelas tentang produk yang ditawarkan namun jangan telalu panjang dan bertele-tele, jika terlalu pendek maka pengunjung akan mengira Anda tidak serius dalam menjual sebuah produk jika terlalu panjang ini juga akan menciptakan kebingungan pembaca yang tidak dapat menangkap apa yang Anda maksudkan.

* Navigasi Situs Web, ini merupakan hal penting yang Sya lihat jarang diperdulikan pengiklan, terkadang pengiklan menempatkan hala lain-lain disitus web mereka dengan tujuan awal agar web terlihat mempunyai informasi yang banyak atau untuk mengesankan pengunjung, masalahnya dengan terlalu banyak menempatkan konten yang tidak sesuai dengan iklan yang dipasang ini akan mengalihkan perhatian pelanggan potensial bahkan bisa membuat mereka pergi meninggalkan situs web.

Intinya ketika pengunjung masuk ke situs web Anda dari iklan yang Anda pasang sudah dapat dipastikan mereka memiliki ketertarikan atas apa yang Anda tawarkan namun jangan sampai pengunjung kebingungan, terganggu bahkan merasa frustasi karena tidak menemukan tahapan yang harus mereka selesaikan misalnya ketika mereka ingin melakukan pemesanan secara online melalui proses checkout, tahapan checkout jangan dibuat rumit, buat navigasi proses sesimpel mungkin.

* Perhatian, walaupun landing page jangan terlalu menampilkan konten berlebihan supaya pengunjung tidak terganggu namun landing page juga jangan terlalu sederhana, berikan pengunjung perhatian misalnya dengan sedikit gambar berkedip atau sedikit gambar berjalan, para pelaku belanja online biasanya akan tertarik perhatiannya dalam hitungan detik-detik awal, jika calon pelanggan dapat dengan cepat mengidentifikasi dan berhubungan dengan apa yang mereka cari maka kemungkinan mereka akan menetap lebih lama dan mudah-mudahan sampai melakukan pembelian.

di sisi lain, jika mereka memakan waktu terlalu lama untuk menemukan apa deskripsi dari iklan yang mereka lihat sebelumnya maka mereka akan keluar lebih cepat.

* Kualitas Landing Page, Jika Anda akan membayar untuk promosi menggunakan iklan maka tidak ada gunanya jika website anda tidak benar-benar menegaskan bisnis atau kampanye Anda, tegaskan bisnis Anda dalam website lebih dari pesaing Anda, luangkan waktu untuk menganalisis website pesaing dan pastikan bahwa landing page Anda memiliki kemampuan untuk bersaing.

* Relevansi, landing page harus relevan dengan produk atau jasa tertentu yang Anda iklankan, jika Anda memiliki beberapa produk atau jasa untuk ditawarkan maka lebih baik dibuat beberapa landing pages secara individu untuk setiap produk yang ditawarkan namun tetap harus menjaga kategori dari seluruh produk yang diatawarkan, tetap menjaga kata kunci dan teks iklan yang relevan dengan landing page itu sendiri.

* Arahkan pengunjung, jika informasi dalam landing page sudah terasa cukup dan sesuai dengan yang Anda iklankan maka sudah waktunya untuk mengarahkan pengunjung menyelesaikan tindakan tertentu di situs web Anda, apakah itu mendaftar di formulir atau melakukan pemesanan, maka pastikan Anda memberitahu mereka! Menggunakan frase yang efektif seperti " Beli Sekarang " atau " Daftar Sekarang " berikan pengunjung arahan apa yang harus mereka lakukan selanjutnya.

* Yakinkan pengunjung, jika Anda memiliki testimonial atau bentuk lain hasil dari umpan balik positif yang diberikan pelanggan sebelumnya maka pastikan calon pelanggan dapat membacanya, ini untuk menanamkam kepercayaan pada mereka bahwa produk atau jasa Anda telah dibeli orang lain dan mereka puas menggunakannya.

Budaya pembelian online saat ini sangat bergantung pada ulasan dan bukti bahwa bisnis online aman dan dapat diandalkan untuk digunakan, Anda dapat menghilangkan semua ketakutan dan keraguan dengan menunjukkan bahwa orang lain telah memiliki pengalaman yang baik atas layanan Anda, bahkan harga yang kita keluarkan sedikit mahal tidak masalah ketika mereka tahu akan mendapatkan layanan yang extra dan akan mendapatkan produk yang bagus dengan pertimbangan mereka tidak perlu pergi keluar ruangan dan menghabiskan waktu di jalan untuk membeli produk yang mereka inginkan.

* Pasang kontak secara detail, Akan selalu ada pengunjung yang ingin menghubungi Anda, tidak peduli betapa mudahnya website dijelajahi, terutama di indonesia yang dimana belanja online saat ini belum terbiasa untuk sebagian orang.

Pastikan bahwa rincian kontak Anda mudah terlihat sehingga mereka tidak perlu mencari-cari nomor telepon dan alamat Anda dan berpotensi meninggalkan situs web, menampilkan nomor telepon di tempat yang menonjol akan memberi kepercayaan kepada pengunjung (apakah mereka menghubungi Anda atau tidak)

* Perhatikan kecepatan, kecepatan loading halaman web akan sangat berpengaruh pada penjualan dan akan berdampak perginya pengunjung bahkan sebelum mereka melihat produk yang ditawarkan, Anda dapat menguji kecepatan halaman Anda menggunakan berbagai tools yang ada di internet.

* Uji dan Analisa, untuk mendapatkan yang terbaik dari landing page Anda, Anda perlu untuk memantau kinerja landing page tersebut, salah satunya menggunakan Google Analytics yang akan memberikan Anda data berharga seperti rata-rata waktu yang dihabiskan pada sebuah halaman, jumlah tampilan halaman, halaman terakhir pengunjung sebelum keluar dari situs web, tingkat bouncing rate, kata kunci yang dicari, wilayah asal pengunjung dll.

Menganalisis data akan memberikan Anda gambaran tentang bagaimana pengunjung juga berinteraksi dengan situs web Anda dan apa saja halaman yang perlu diperbaiki, Jika Anda memiliki kemampuan untuk menciptakan variasi yang berbeda dari landing page yang Anda buat maka ini merupakan hal yang bagus untuk meganalis dan kemudian menggunakan data tersebut untuk mengidentifikasi pengalaman pengunjung ketika berkunjung ke situs web penjualan yang Anda buat.

Mengoptimalkan Landing Pages Untuk Iklan sangatlah penting, apapun yang Anda iklankan tidak akan memberikan konversi yang bagus jika Anda tidak mempunyai persiapan untuk menyambut pengunjung yang Anda harapkan, apalah artinya jika pengunjung datang kemudian pergi secepatnya begitu saja tanpa membeli apa yang Anda tawarkan bahkan tanpa bertanya sedikitpun apa yang Anda jual, yang lebih parah lagi mereka pergi sebelum halaman website Anda terbuka secara penuh padahal Anda sudah mengeluarkan biaya untuk mendatangkan mereka.