Langkah-langkah Pasang Iklan di Google

Langkah-langkah Pasang Iklan di Google

Sa'at ini program iklan Google sangat banyak diminati oleh para pelaku bisnis di seluruh dunia hal ini dikarenakan Google sangat menjaga kualitas pencarian di mesin pencari mereka, iklan melalui Google akan ditempatkan di website yang informasi atau konten situs web tersebut relevan dengan kata kunci iklan yang Anda buat, jadi ketika orang-orang menuliskan kata kunci " berapa harga tiket pesawat " maka akan diarahkan ke iklan yang Anda buat tentang kata kunci tiket harga pesawat.

Berikut adalah gambaran umum langkah-langkah pasang iklan di Google AdWords, Pertama buka halaman utama pencarian google.com atau google.co.id  untuk Google Indonesia.

1. Klik pada " Program Periklanan " di Menu bagian bawah.

2. Maka akan muncul halaman baru, kolom sebelah kiri untuk beriklan di google dan kolom kanan untuk ikut program AdSense Google.

3. Klik tombol " Memulai " maka akan muncul halaman bantuan, jika ingin di perlajari silahkan dibaca-baca jika ingin langsung masuk ke halaman iklan klik Menu Beranda AdWords dibagian bawah.

4. Masukan alamat email google Anda jika belum punya silahkan buat dahulu, cara buat akun email Google bisa dilihat melalui cara berikut.

5. Jika Anda sudah mempunyai alamat email dan password Google silahkan gunakan untuk login ( gunakan akun yang didalamnya terdapat data-data yang valid, jika data tidak valid silahkan diperbaiki )

6. Halaman yang pertama kali muncul di beranda AdWords ketika pertama kali Anda bergabung di Google AdWords adalah setting zona waktu dan mata uang kemudian klik lanjut.

7. Selanjutnya adalah verifikasi akun, silahkan bukan email dan baca instruksi yang ada di email.

8. Langakah selanjutnya adalah Tekan tombol " Buat kampanye pertama " maka Anda akan dibawa kehalaman Pengaturan Kampanye di mana Anda dapat memilih lokasi dan bahasa yang ingin Anda gunakan untuk kampanye iklan Google untuk memfokuskan pemasaran menuju target pemirsa tertentu.

Jika ingin melihat video panduang pasang iklan bisa dilihat dibagian kanan halaman.

9. Kemudian menuju " Penawaran dan anggaran " jika ingin menggunakan anggaran harian ada diketerangan " Anggaran per hari " dimana Anda bersedia membayar per hari untuk menjalankan iklan di program AdWords.

10. Putuskan berapa banyak Anda bersedia membayar per klik (dikenal sebagai tawaran maksimum) Ada 2 pilihan yang dapat Anda pilih yaitu " Penawaran dan anggaran "

- Pilih penawaran otomatis jika Anda ingin tawaran maksimum diputuskan secara otomatis, Sistem AdWords akan menghitung tawaran yang paling cocok untuk mendapatkan hasil terbaik untuk kampanye iklan Anda.

- Jika pilih manual biaya per klik (BPK) caranya ketikan jumlah nilai tawaran di kotak teks yang disediakan untuk tawaran BPK.

11. Ketik teks iklan untuk membuat iklan dalam kampanye Anda, Iklan harus mematuhi kebijakan AdWords dan teks harus pas dengan batas karakter untuk setiap baris.

Berikut adalah beberapa saran yang harus Anda pertimbangkan ketika membuat teks iklan.

- Sebutkan atribut yang unik tentang bisnis Anda.

- Tambahkan kata singkat untuk panggilan seperti " Hubungi Kami "

- Gunakan kata kunci yang relevan dalam teks iklan, yaitu kata-kata yang Anda ingin ketika orang mengetikan sesuatu di mesin pencari Google akan muncul iklan yang anda pasang, Anda bisa gunakan keyword tool dari Google AdWords

12. Tuliskan atau sediakan daftar kata kunci yang kiranya akan orang ketik ketika melakukan pencarian di pencarian Google, Anda harus memiliki setidaknya 10 kata kunci untuk disimpan ketika membuat kampanye baru.

13. Kemuadian pilih tab " Penagihan " dan pilih " Preferensi Penagihan "

14. Pilih metode pembayaran yang diinginkan dan berikan informasi valid tentang penagihan yang bersangkutan dengan Anda yang dalam hal ini sebagai pembayar.

15. Terima persyaratan dan ketentuan untuk menggunakan AdWords kemudian Klik " Simpan dan Aktifkan "

16. Kemudian lakukan pembayaran, detail lengkap bentuk pembayaran bisa baca disini Memilih bentuk pembayaran

AdWords akan mulai menjalankan iklan Anda di Google setelah dilakukan pembayaran dan kampanye diaktifkan.

Langkah-langkah Pasang Iklan di Google diatas adalah gambaran secara umum, Anda bisa lihat secara detail melalui situs Google AdWords