Jenis pemasaran Internet

Jenis pemasaran Internet

Siapa yang tidak kenal dengan pemasaran internet apalagi kondisi internet saat ini yang sudah dikenal banyak orang didukung biaya akses internet yang sudah sangat murah dengan begitu pemasaran internet semakin diburu para pebisnis online maupun pebisnis offline yang ingin menawarkan bisnis mereka.

Semakin pesatnya pertumbuhan kebutuhan pemasaran melalui internet bagi pihak penyedia layanan iklan online seperti Google AdWords merupakan sebuah tantangan agar layanan pemasaran iklan secara online bisa memenuhi kebutuhan pelanggan dari berbagi jenis produk.

Secara luas jenis pemasaran internet dibagi kedalam beberapa jenis seperti yang diterangkan dibawah ini :

Iklan Berupa tampilan ( Iklan Display ) : Contoh iklan ini adalah iklan Banner web atau iklan dengan gambar ditempatkan pada situs web atau blog pihak ketiga untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web perusahaan itu sendiri, iklan banner digunakan dengan pertimbangan lebih mencolok dibandingkan iklan baris dengan begitu iklan banner akan lebih manarik perhatian pengunjung.

Pemasaran melalui mesin pencari ( Search engine marketing ) : bentuk pemasaran yang bertujuan untuk mempromosikan website dengan meningkatkan visibilitas iklan yang dipasang di halaman hasil mesin pencari melalui kata kunci yang diketik pengunjung di mesin pencari.

Pemasaran di mesin pencari dibagi dua antara pemasaran berbayar dan pemasaran gratis :

- Pemasaran Berbayar : Anda akan membayar ke pengelola penyedia iklan di mesin pencari yang biasanya bayar per klik.

- Pemasaran Gratis : pemasaran ini sering disebut teknik mengoptimalkan mesin pencari, hasil teknik SEO yang terbaik adalah hasil organik yaitu murni dari hasil pencarian.

Pemasaran Melalui Media Sosial : proses mendapatkan lalu lintas atau perhatian melalui situs media sosial seperti Facebook, Twitter dan LinkedIn.

Pemasaran Melalui Email : pemasaran melalui pesan langsung untuk individu atau sekelompok orang menggunakan surat elektronik ( jangan sekali kali menggunakan pemasaran ini ke email yang tidak sukarela mendaftar di bisnis Anda, gunakan email optin atau email subscriber yang dilakukan secara sukarela )

Pemasaran Melalui Rujukan : yaitu jenis promosi produk atau jasa kepada pelanggan baru melalui arahan, biasanya dari mulut ke mulut.

Pemasaran Afiliasi : sebuah praktek pemasaran di mana mengandalkan imbalan bagi para marketing yang ikut mengenalkan/menjuakan produk bisnis Anda.

Jenis Pemasaran konten : yaitu proses menciptakan konten khusus seperti Infografis, artikel blog dan ebooks untuk menarik lebih banyak pelanggan.

Jenis Pemasaran Melalui Media Video : Jenis pemasaran yang mengkhususkan melalui video yang akan melibatkan penonton kedalam video dengan menyajikan informasi dalam bentuk video dan membimbing mereka untuk mengenal produk atau jasa yang ditawarkan.

Video online semakin menjadi lebih populer di kalangan pengguna internet dan perusahaan melihatnya sebagai metode yang layak sebagai penarik pelanggan.

Apapun jenis pemasaran internet yang Anda terapkan haruslah dilakukan orang yang ahli dalam bidang pemasaran tersebut walupun ada pemasaran gratis seperti pemasaran melaui pengoptimalan mesin pencari namun jika Anda lakukan sendiri dan tidak paham teknik nya maka dijamin hasil yang akan didapat akan memakan jangka waktu lama.