Jenis Iklan Online dan Cara Penerapannya

Jenis Iklan Online dan Cara Penerapannya

Masih banyak yang bertanya dan bleum tahu bahkan masih bingung dengan berbagai jenis iklan online dan cara penerapannya, dalam artikel kali ini akan dibahas garis besar mengenai jenis-jenis iklan yang paling utama, juga dibahas tentang fungsi dan strategi penggunaannya.

Berikut adalah beberapa jenis iklan online dan cara penerapannya :

* Jenis Iklan Berdasarkan Konten

ini merupakan jenis iklan online yang paling utama karena pengunjung sebagian besar datang melalui kata kunci yang dicari, dimana kata kunci tersebut berasal dari informasi yang terdapat dalam sebuah situs.

Cara yang paling umum digunakan untuk mengoptimalkan konten adalah :

- Submit artikel ke artikel direktori

- Posting artikel di blog atau website sperti wordpress atau blogger

- Melakukan review produk

- Bergabung pada sebuah grup seperti google group atau bisa menggunakan yahoo Answers

- Aktif di Social Bookmark

- Buat video di situs video sperti melalui youyube

- Bergabung atau berkomentar di forum-forum

- Melkukan blogwalking sesuai artikel yang relevan

dalam iklan jenis konten web kita mendapatkan traffic dari dua sisi yaitu satu sisi dari tlisan itu sendiri kedua dari hasil pencarian kata kaunci melalui search engine.

* Jenis iklan link
Jenis iklan ini harus lebih ditekankan ke penulisan/alamat link iklan dan keterangan singkat dari iklan itu sendiri, link web jangan terlalu panjang jika memungkinkan tulis sependek mungkin tapi mewakili keseluruhan isi iklan.

Jenis iklan ini biasanya ditempatkan di :

- Iklan Baris

- Iklan PPC

- Pertukaran link dengan pemilik situs web lain

- Iklan Banner ( yang berisi link iklan )

- Email signature yang memenuhi syarat dan ketentuan

Jenis iklan ini hanyakan mengalirkan trafic satu arah dimana yang berkunjung ke situs web Anda hanya berasal dari link yang ditempatkan di web lain.

Perlu diingat bahwa ketika pengunjung tiba dalam sebuah web, itu dikarenakan hasil kata kunci yang mereka tuliskan sesuai dengan halaman web yang mereka kunjungi jadi pastikan link iklan Anda relevan dengan konten web tersebut.

* Jenis Viral iklan

Iklan jenis ini jika di dunia offline mirip dengan saling memberitahu satu sama lain yang biasanya melalui pembicaraan mulut kemulut, penerapannya dalam dunia online seperti berikut :

- Menawarkan program multi level, reseller dan affiliasi

- Menyebarkan iklan melalui software yang berisi iklan sebuah produk yang tanpa sadari pengunjung install dikarenakan sebelum klik sesuatu tidak dibaca secara detail.

* Jenis iklan yang memaksa pengunjung

Jenis iklan ini contohnya tampilan popup yang sering kita jumpai ketika berkunjung pada situs web ketiks kita buka halaman web langsung muncul sebuah jendela yang menawarkan sesuatu.

dari semua jenis iklan dan cara penerapannya yang diterangan diatas mana yang lebih baik ? yang terbaik adalah jenis iklan online berdasarkan konten, ini lebih baik karena iklan yang dilihat pengunjung hasil dari kata kunci yang mereka ketik di internet dan relevan dengan informasi yang ditampilkan dalam situs web tersebut.