Cara Mengganti Password Cpanel

Cara Mengganti Password Cpanel

Ketika Anda memesan web hosting maka akan diberikan username dan password cpanel hosting yang biasanya dikirim melalui email, password default yang biasanyadiberikan berupa gabungan antara huruf, angka dan symbol dan untuk username sendiri merupakan 7 huruf atau angka nama domain paling depan.

Kenapa password cpanel harus diganti ? tentu saja ini diperuntukan agar password lebih aman dan hanya Anda sebagai pemilik hosting yang mengetahuinya sedangkan untuk username sendiri tidak bisa diganti terkecuali Anda meminta pihak penyedia hosting untuk menggantinya namun sebenarnya bukan diganti tetapi dibuat ulang akun hosting baru yang pasti akan repot karena harus juga memindahkan isi file dari akun sebelumnya.

Untuk username tidak dianjurkan diganti, sedangkan untuk password sangat dianjurkan bahkan wajib diganti bahkan lakukan penggantian password secara berkala.

dibawah ini langkah cara mengganti password cpanel

* Login ke Cpanel melalui link http://namadomain/cpanel atau http://namadomain/2082 atau sesuai yang diberikan pihak penyedia hosting yang dikirimkan ke alamat email Anda.

* Klik Change Password kemudian isikan password lama dan password baru, biasanya setelah memasukan password pengganti akan muncul kembali form, silahkan isikan ulang password baru.

* Setelah dirubah disarankan untuk logout dari cpanel jika memungkinkan clear cache dan cookie browser lalu close browser kemudian jalankan kembali browser dan akses cpanel Anda dengan password yang tadi baru dibuat.

Bagaimana jika terjadi kesalahan atau lupa dengan password cpanel yang baru dibuat, silahkan kontak penyedia hosting Anda dan minta reset password, jangan kontak via SMS atau telepon, cara yang terbaik adalah kontak via email atau tiket karena dengan menghubungi melalui email atau tiket maka pihak penyedia hosting akan memiliki bukti bahwa Anda memang meminta untuk reset password cpanel ( gunakan email yang digunakan ketika Anda order, jika menggunakan email selain email order maka permintaan password yang Anda kirimkan biasanya ditolak )

Bagaimana jika Anda lupa email yang digunakan email ketika order hosting tersebut ? pihak penyedia hosting biasanya akan meminta data yang berhubungan minimal KTP, kalau lupa password email bagaimana ? jika lupa password email jangan menghubungi pihak penyedia hosting terutama jika mengunakan email gratis sperti email dari gmail atau email dari yahoo yang harus Anda hubungi adalah pihak gmail atau pihak yahoo.

dibawah ini juga da tips mengganti atau membuat password yang baik dan aman :

* Hafalkan password Anda, jangan menuliskannya

* Jangan berbagi password Anda dengan siapapun

* Hindari menggunakan satu password untuk semua login

* Jangan memberikan password Anda kepada orang lain walaupun untuk meminta bantuan kecuali sudah benar-benar Anda percaya

* Hindari login dari komputer publik

* Ubah password Anda sesering mungkin

* Hindari kata-kata dari kamus

* Hindari kata-kata umum (nama, nomor telepon, tempat tanggal lahir dll)

* Gunakan kombinasi huruf, angka, dan karakter khusus

* Gunakan karakter lebih 7 karakter

Lindungi password Anda karena kita tidak tahu efek yang ditimbulkan ketika orang lain bisa akses akun Anda, bisa jadi hal kecil membuat Anda kerepotan karena orang lain bisa login dan menggunakan halaman pribadi Anda untuk tujuan yang tidak baik