Apakah Web Hosting Murah Juga Berarti Murahan

Apakah Web Hosting Murah Juga Berarti Murahan

Melihat judul artikel ini pasti kita bertanya-tanya Apakah web hosting murah juga berarti murahan ? Saya menulis artikel ini ingin menyampaikan sekilas tentang pandangan Saya mengenai shared hosting bahwa memiliki web hosting yang harganya cukup murah belum tentu juga murahan, artikel ini sebagai acuan bagi Anda yang ingin memiliki web hosting dengan tujuan untuk membuat website namun hanya mempunyai dana minim untuk pembelian web hosting atau tidak mau langsung mengeluarkan dana yang besar supaya tidak mendapatkan resiko terbuangnya dana yang besar dikemudian hari.

Sebagian orang mungkin berpikir bahwa web hosting dengan harga murah juga memiliki kualitas yang murah, Saya rasa jika perpikir seperti itu wajar-wajar saja karena ada yang menyebutkan bahwa apa yang dibeli tidak jauh kualitas nya dari nilai harga yang ditawarkan.

Tetapi ! dalam satu sisi tergantung jenis produk apa yang akan kita beli dan ada produk mahal dikarenakan memang dibuat mahal karena ingin mendapatkan keuntungan lebih padahal sebenarnya bisa saja dijual dengan harga murah, ini jelas menandakan bahwa dijual mahal hanya untuk meraih keuntungan semata.

dibawah ini Saya mencoba tulisakan beberapa poin tentang Apakah Web Hosting Murah Juga Berarti Murahan ?

* Spesifikasi Server, dilihat berdasarkan spesifikasi server, misalnya sebuah perusahaan antara perusahaan besar dan perusahaan kecil sama-sama menyediakan spesifikasi dan kualitas server yang persis sama tapi bisa mengeluarkan harga yang berbeda, perusahaan besar memberikan harga mahal sedangkan perusahaan kecil memberikan harga murah, jika server yang digunakan persis sama lalu kenapa ada yang menjual harga mahal ? ini pasti ada faktor lain yang menyebabkan hal tersebut, jadi dari poin ini bagi yang menjual hosting murah belum tentu murahan karena server yang diberikan mempunyai spesifikasi dan kualitas server yang persis sama.

* Space Hosting dan Bandwith yang diberikan, jika dilihat dari space hosting dan bandwith yang diberikan ini sudah mulai bisa dilihat perbedaan dalam menentukan harga, semakin besar space hosting dan bandwith yang kita perlukan tentu semakin besar biaya yang harus dikeluarkan namun ! kita juga harus bisa menyesuaikan sesuai kebutuhan misalnya kita perlu space 500 mb maka belilah 500 mb jangan sampai hosting tidak terpakai karena terlalu besar padahal sudah dibeli dengan harga mahal, jika cukup dengan harga yang lebih murah maka kita tidak perlu membuang biaya untuk membeli dengan harga yang mahal terutama itu adalah situs web pribadi dan sebagai percobaan awal.

Bagaimana dengan situs web bisnis apakah mutlak harus membeli web hosting yang langsung dengan space dan bandwith yang besar ? Saya rasa tidak juga, jika Anda mempuanyai dana yang minim dan bisnis tidak segera mulai karena menunggu dana yang besar saran Saya tidak menjadi masalah jika menggunakan hosting yang secukupnya dulu karena toh nanti bisa di upgrade, dari poin kedua ini masih bisa disebut bahwa membeli hosting murah belum tentu disebut murahan karena website Anda masih bisa berjalan dengan normal.

* Fasilitas Hosting Tambahan Berupa Perangkat lunak, melihat ke fasilitas hosting ini memang harus ada biaya yang dikeluarkan pihak penyedia hosting namun menyediakan fasilitas ini tidak bisa juga dijadikan acuan mahalnya harga yang terlalu jauh yang harus dikeluarkan karena penambahan fasilitas web hosting dari sisi sistem juga tidak terlalu mengeluarkan biaya yang terlalu mahal, jadi harga masih bisa bersaing.

* Layanan Support, ketika berbicara kualitas layanan support, misalnya sebuah perusahaan besar memiliki layanan support 24 jam dengan mengandalkan 4 orang pekerja tetapi untuk ukuran 4 orang perusahaan kecilpun masih bisa memberikan layanan 24 jam tersebut, jadi melihat poin ini juga harga hosting masih bisa dikeluarkan dengan harga murah.

Jadi apa sebenarnya yang menjadikan mahal dan murahnya harga hosting ? menurut hemat Saya adalah ketika sebuah perusahaan hosting sudah memiliki client yang banyak maka diperlukan infrastruktur yang besar dimana tentu harus mempunyai banyak server dan harus mempunyai banyak SDM, namun ini tidak menjadikan pembanding antara untuk kualitas jika perusahaan tersebut masih memiliki jumlah client yang sama bahkan sebuah perusahaan yang baru mulai bisa mengeluarkan harga mahal bukan karena semata kualitas hosting yang diberikan namun harus menutupi biaya operasional yang besar padahal jumlah client belum terlalu banyak.

Faktor lain memang ada namun rasanya akan terlalu panjang jika dituliskan dalam sebuah artikel blog, ada baiknya kita saling berbagi pengalaman dengan menuliskannya melalui kolom komentar dibawah.

Lalu apa yang harus kita tentukan apakah memilih perusahaan yang baru mulai dengan kualitas sama dan memberikan harga yang sesuai kemampuan kita atau kita harus memaksakan membeli dari perusahaan besar yang memberikan harga mahal, Saran saya selama kita bisa mendapatkan informasi yang cukup mengenai penyedia hosting tersebut tidak masalah membeli hosting dari perusahaan yang baru berkembang dan mengeluarkan harga murah, toh perusahaan besarpun memulai nya dari sebuah perusahaan yang biasa.

Secara umum harga pasaran web hosting untuk pemakaian pribadi atau untuk personal bisnis di indonesia maupun didunia bisa bisa dibilang memang murah terutama jika berlangganan hosting bulanan, kalau saya lihat web hosting yang ditawarkan secara umum tidak lebih dari USD 100 perbulan bahkan diats 50 USD perbulan pun jarang Saya temukan

Saran, jika Anda baru membeli web hosting dan baru memuali dalam pembuatan website mintalah bantuan kepada orang yang sudah mengetahui seluk beluk mengenai hosting dan website tersebut.

Informasi seperti apa yang harus kita ketahui ketika kita mau membeli hosting ? silahkan baca melalui artikel berikut " Hal-hal yang harus diketahui ketika memilih web hosting "