Apa Itu Web Desain

Apa itu web desain ? 

Web desain merupakan cakupan dari berbagai keterampilan dan disiplin ilmu dalam pembuatan dan pemeliharaan website itu sendiri, dalam webiste terdapat berbagai bidang desain web yang didalamnya termasuk desain web grafis, desain antarmuka, authoring, pembuatan kode standar dan perangkat lunak yang mempunyai hak milik dan dan optimasi mesin pencari.

dalam pembuatan web desain Seringkali melibatkan banyak orang yang terbentuk dalam sebuah tim yang mengrejakan berbagai aspek dari proses desain dan coding, istilah desain web ini biasanya digunakan untuk menggambarkan proses desain web yang berkaitan dengan front-end yaitu yang dilihat dari sisi pembaca dan back-end atau administrator area untuk pengelolaan website oleh pemilik web, Desainer web diharapkan memiliki kemampuan untuk dapat memenuhi kebutuhan pembacanya dan bisa mengikuti perkembangan teknologi website dengan tetap berpedoman pada aksesibilitas web.

Sejarah web dan sejarah web desain

Meskipun desain web memiliki sejarah yang cukup baru dalam hubungan nya dengan desain garafis namun desain web juga dipandang sebagai bagian dari kehidupan masyarakat, sulit rasanya membayangkan internet tanpa adanya grafis animasi, mempunyai gaya yang berbeda dan tanpa audio.

Pada tahun 1989, Tim Berners-Lee yang saat itu bekerja di CERN mengusulkan untuk menciptakan proyek global hypertext yang kemudian dikenal sebagai World Wide Web, sepanjang tahun 1991 hingga 1993 World Wide Web lahir, pada saat itu teks halaman hanya dapat dilihat dengan menggunakan browser line-mode sederhana.

Pada tahun 1993 Marc Andreessen dan Eric Bina, menciptakan browser Mosaic, pada saat itu ada beberapa browser namun seperti berbasis Unix yang terasa berat ketia loading dan tidak ada pendekatan terpadu untuk elemen desain grafis seperti gambar atau suara.

Kemudian muncul W3C yang diciptakan pada bulan Oktober 1994 untuk memimpin World Wide Web secara maksimal dengan mengembangkan protokol umum yang mempromosikan evolusi dan memastikan interoperabilitas yang bisa mengubah efek dari World Wide Web secara keseluruhan, W3C terus menetapkan standar yang saat ini dapat dilihat dengan JavaScript, pada tahun 1994 dibentuk Andreessen Komunikasi corp yang kemudian dikenal sebagai Netscape Communications Netscape 0.9 browser.

Netscape menciptakan tag HTML sendiri tanpa berkaitan dengan proses standar tradisional misalnya Netscape 1.1 menyertakan tag untuk mengubah warna latar belakang dan format teks dengan tabel pada halaman web.

Selama ini ada banyak teknologi baru di lapangan, terutama Cascading Style Sheets, JavaScript, dan HTML Dinamis, secara keseluruhan persaingan browser benar-benar menghasilkan kreasi positif dan membantu desain web berkembang dengan pesat.

Evolusi Desain web

Pada tahun 1996, Microsoft merilis browser pertama yang lengkap dengan fitur dan tag sendiri ini juga merupakan browser pertama yang mendukung style sheet, yang pada saat itu dipandang sebagai suatu teknik authoring yang jelas, markup HTML untuk tabel pada awalnya ditujukan untuk menampilkan data tabular namun desainer dengan cepat menyadari potensi menggunakan tabel HTML untuk menciptakan multi kolom yang kompleks yang asalnya dinyatakan tidak mungkin.

Flash dikembangkan (awalnya dikenal sebagai FutureSplash) juga pada tahun 1996 pada saat itu konten Flash relatif sederhana dibandingkan dengan yang sekarang, dengan menggunakan tata letak dasar dan alat gambar sederhana, namun karena Flash memerlukan plug-in untuk bisa dijalankan maka banyak pengembang web tidak menggunakannya karena kurangnya kompatibilitas.

Web Desain 2001-2012

Sejak awal abad ke-21 website telah menjadi lebih terintegrasi ke dalam kehidupan masyarakat hal ini karena teknologi web berkembang yang bisa diakses dari berbagai perangakat.

Browser Modern

Banyak browser modern saat ini yang open source yang berarti cenderung memiliki pengembangan yang lebih cepat dan lebih mendukung standar baru dikarenakan siapa saja yang mampu bisa ikut mengembangkan.


Web Desain saat ini mudah untuk dipelajari karena didukung banyaknya referensi tentang pembuatan desain web di internet, jika Anda ingin mulai belajar web desain sebenarnya cukup mengandalkan informasi yang ada di internet, jika dipelajari dengan sungguh-sungguh maka dalam waktu yang relatif singkat Anda bisa menguasai web desain.