Perkembangan Smartphone

Perkembangan Smartphone telah merevolusi pasar perangkat mobile, Smartphone menggabungkan fitur ponsel dan fitur komputer sehingga memperluas fungsi ponsel konvensional, Smartphone modern hampir menyerupai PC yang menawarkan kemudahan bagi penggunanya sehingga bisa lebih meningkatkan kinerja para penggunanya hampir dalam segala bidang.

Selama periode yang cukup singkat smartphone telah berubah dari sebuah gaya yang terkesan mahal menjadi kebutuhan yang harus dimiliki, Perusahaan perangkat lunak saat ini sedang mengembangkan dan bersaing membuat aplikasi mobile smartphone untuk mendukung pengunanya dalam meningkatkan kualitas bisnis maupun kehidupan sehari hari.

Aplikasi Smartphone yang dikembangkan mencakup perencanaan bisnis dan solusi manajemen, keuangan dan aplikasi manajemen keuangan, aplikasi iklan, produk berbagi file, multimedia, jaringan dan aplikasi blogging, pengembangan aplikasi medis dan pendidikan, aplikasi GPS dan berbagai hiburan yang dapat memanjakan pengguna.


Image courtesy of emptyglass at FreeDigitalPhotos.net

Dengan demikian, perusahaan kecil dan besar dapat mengambil keuntungan dari tekhnologi smartphone ini, tidak sedikit pengembang Smartphone yang memberikan harga murah dengan jumlah dan fitur aplikasi sama dengan smarpthone yang ditawarkan dengan harga mahal, hal ini semakin menambah variasi Smartphone yang bisa pembeli miliki.

Saat ini para pemimpin pasar smartphone dikuasai oleh iPhone, BlackBerry, Android, Nokia dan Windows mobile, iPhone dan Android tidak diragukan lagi yang menguasai pasar Smartphone dilihat dari besarnya pengguna yang mengunakan perangkat tersebut

Berikut adalah aplikasi tekhnologi Smartphone yang populer diseluruh dunia :

iPhone sebagai pengembangan aplikasi memanfaatkan teknologi yang ditujukan untuk pengembangan produk Apple mobile, mereka mengambil keuntungan dari IOS teknologi seperti iOS SDK dibundel dengan berbagai alat pembangunan seperti Xcode, Objective C, iOS Simulator, spesialis pengembangan iPhone juga menggunakan HTML, CSS dan JavaScript untuk membangun dan menyebarkan aplikasi berbasis web untuk smartphone iPhone.

Aplikasi Android, merupakan pengembang aplikasi smartphone yang membangun aplikasi kustom untuk platform Android dipersenjatai dengan Android SDK, pengembangan aplikasi smartphone ini mencakup dua komponen penting yaitu Emulator Android dan Plugin untuk Eclipse, Android Emulator menciptakan lingkungan perangkat emulasi yang memungkinkan pengembangan, pengujian dan debugging aplikasi Android dalam mode run-real time, Sementara Plugin IDE merampingkan proses pengembangan aplikasi Android.

Windows Mobile app, Aplikasi moble Windows menggunakan teknologi pengembangan seperti Visual Studio, Windows Mobile SDK dan ActiveSync atau Windows Mobile Device Center, Alat pengembangan dan teknologi ini memungkinkan pembangunan, pengujian, debugging dan meluncurkan aplikasi WM dan menyediakan API apt dan perpustakaan untuk proses pengembangan WM secara mudah.

Pengembang aplikasi BlackBerry, BlackBerry mengembangkan aplikasi smartphone untuk BlackBerry ® Java ® SDK v6.0, Smartphone Simulators BlackBerry dan Sinkronisasi Server SDK.

Selain itu, pengembang teknologi Java mobile seperti Java ME sangat populer di smartphone karena ketahanan dan fleksibilitas aplikasi berbasis Java dan lintas-platform portabilitas mereka yang sejalan dengan moto Jawa "Tulis sekali, jalankan di mana-mana".

Saat ini perusahaan pengembangan perangkat lunak dan pengembang aplikasi mobile bersaing mengembangkan smartphone yang kaya fitur baik dari sisi hiburan atau kinerja bisnis, dengan adanya perkembangan smartphone yang semakin canggih maka tidak menutup kemungkinan dikemudian hari Smartphone akan menggantikan PC yang ada saat ini.

Perkembangan smartphone harus disikapi dengan bijak, tekhnologi yang berkembang dengan pesat harus juga dibarengi kemampuan penggunanya dalam memanfaatkan bahkan menyaring tekhnologi tersebut.