Pengertian dan Jenis Gadget

Pengertian dan Jenis Gadget - Semua orang tahu apa itu gadget dan apa fungsi gadget, Namun dari sisi fungsi mungkin sudah terlihat kabur karena ada berjuta gadget dengan fungsi dan metode penggunaan yang berbeda.

Pengertian dan Jenis Gadget

Arti dari gadget
gadget dimasa lalu berarti sebuah perangkat yang dimaksudkan untuk melakukan sesuatu yang luar biasa (tidak seperti perangkat lain yang mempunyai fungsi yang biasa) Misalnya, kamera digital disebut perangkat (atau hanya kamera) tapi sebuah ponsel keren dengan aplikasi modern dan mempunyai fungsi yang luar biasa disebut gadget.

Kata 'Gadget' dapat didefinisikan sebagai perangkat baru, tidak biasa, sebagian besar digunakan untuk hiburan, namun sebenarnya bisa juga untuk rumah tangga dan keamanan.

Sedangkan 'perangkat' berarti setiap alat atau instrumen yang digunakan selama pekerjaan tertentu untuk mencapai hasil yang diinginkan, Dalam beberapa hal keduanya dapat diartikan sama, meskipun gadget sebuah perangkat, tetapi perangkat ini tidak hanya gadget.

Klasifikasi Gadget
Kembali ke topik utama artikel ini, Setelah dalam dekade terakhir tekhnologi boming banyak produsen yang terkenal maupun amatir membuat banyak gadget untuk berbagai keperluan, Pengelompokan gadget mempunyai kategori yang cukup luas dan beragam namun dapat dikategorikan kedlam bebarapa kategori utama.

Gadget Ponsel
Gadget Ponsel ini merupakan perangkat atau aksesori yang paling banyak digunakan dan kebanyakan orang ingin memiliki ponsel yang sangat canggih, ponsel dapat digunakan hampir untuk segalanya : game, browsing web, pekerjaan, komunikasi dll Beberapa model baru dari ponsel pintar dapat disebut gadget.

Sekarang Anda dapat memutar video apapun, audio apapun atau dapat melihat gambar di ponsel Anda, Ponsel baru berteknologi tinggi bisa diibaratkan sebuah PC mini.

Telepon seluler telah menjadi bagian yang sangat erat dengan kehidupan kita dan kebanyakan orang sangat diuntungkan ketika menggunakan gadget ponsel, gadget ponsel ini adalah masa depan dunia komunikasi.

Gadget berbasis USB
Gadget ini masih banyak penggemarnya karena kemudahan dalam penggunaan, tidak memerlukannya listrik membuat gadget ini masih diminati terutama dalam hal penyimpanan data dimana bisa digunakan dimana saja dan kapan saja.

pengembangan dari gadget ini adalah tekhonologi multimedia audio dan video dimana orang-orang bisa bepergian sambail mendengarkan musik atau nonton video, saat ini sudah tersedia dengan kapasitas yang sangat besar sehingga dapat menampung musik dan film lebih banyak.
Gadget ini menjadi sangat populer sehingga beberapa produsen mulai memproduksi gadget mini untuk dijual ke pasar meskipun akhir-akhir ini tidak sebanyak gadget berbasis ponsel.

Spy gadget ( gadget pengintai )
Ini adalah bidang gadget yang dibilang cukup canggih, kenapa? karena gadget ini bisa difungsikan untuk melacak kehidupan seseorang bahkan tanpa melihat orang tersebut dalam kehidupan nyata, hal ini baik untuk melindungi diri Anda, contohnya seperti Spy kamera, kamera night vision teropong, infra merah, perekam suara, detektor kebohongan, detektor gerakan dll

Gadget mata-mata banyak digunakan untuk melindungi rumah atau gedung perkantoran atau untuk mematai-matai kehidupan orang lain, namun kembali pada tujuan diri kita sendiri ketika menggunakan gadget mata-mata tersebut.

Gadget Kesehatan
Akhirnya ada satu kelas dari gadget yang telah dibuat untuk tujuan kesehatan yaitu gadget kesehatan, tujuan dibuatnya gadget ini untuk membuat orang sehat tetapi tidak punya cukup waktu untuk berolahraga atau tidak suka dengan cara minum obat-obatan, contoh sering kita lihat di TV dimana ada alat pijat yang bisa memijat sendiri dengan begitu bisa memperlancar peredaran darah walaupun tidak berolahraga seperti pada umumnya.

Kelas gadget ini pada umumnya tidak dibuat untuk iburan tetapi lebih cenderung ke fungsi yang dapat membantu orang-orang.

Semua gadget ini telah diciptakan oleh orang-orang untuk membantu kehidupan manusia, dalam beberapa situasi bahkan dapat menyelamatkan hidup, namun semua tergantung pada diri kita sendiri apakah pengoptimalan hidup ingin menggunakan tekhnologi atau dengan cara natural.

Pada kesimpulannya gunakanlah secara proporsional karena walau bagaimanapun tetap ada efek samping yang tidak baik dari gadget-gadget tersebut.