Jadi Blogger yang Menarik

Jika kita berbicara mengenai bagaimana menjadi blogger yang terkenal maka Saya akan menjawab jadilah blogger yang menarik lalu kemudian Anda pasti bertanya kembali bagaimana caranya jadi blogger yang menarik.

Menjadi menarik adalah sesuatu hal yang semua orang inginkan dan ketika menarik itu berhubungan dengan blogging mau tidak mau ini akan menjadi sesuatu hal yang lebih menarik lagi melihat dari sisi persaingan para blogger yang segitu banyakanya tanpa dibatasi jarak dan waktu dibandingkan dengan persaingan secara konvensional dimana antara satu orang dengan orang lain dibatasi wilayah masing-masing.

Menjadi Blogger yang menarik menurut Saya tidak hanya berhubungan dengan hal tekhnis tapi sangat berhubungan erat dengan karakter blogger tersebut, menurut pandangan Saya seperti dalam poin-poin dibawah ini :

1. Tidak hanya menulis tapi harus juga berkomunikasi, ketika kita menulis cobalah menulis tidak hanya untuk diri sendiri tapi menulis sebaiknya seperti melakukan obrolan, contoh misal tidak hanya menuliskan apa yang penulis alami tapi juga harus mendeskripsikan apa yang pembaca akan alami.

2. Mendapatkan perhatian, cobalah untuk menuliskan sesuatu yang ketika orang baca juga pernah pembaca baca sebelumnya namun harus menonjolkan kelebihan yang Anda miliki dari apa yang orang lain bahas sebelumnya.

3. Berikan kejutan untuk pembaca, pembaca akan suka dengan sebuah kejutan misalnya Anda bisa menulis berita yang sedang hangat-hangatnya dibahas atau menulis artikel yang sedikit kontroversial namun artikel tersebut tidak sampai menurunkan kredibilitas Anda.

4. Buat tulisan sesederhana mungkin namun tetap bernilai, Saya terkadang mendapati sebuah Blog yang bahasanya terlalu formal dengan kata-kata yang tidak dimengerti kebanyakan orang, ingatlah, jika niche blog Anda tidak hanya untuk segelintir orang buatlah pembaca semudah mungkin menangkap apa yang Anda tuliskan.

5. Jadilah lucu dan menyenangkan, jadi blogger yang menarik harus bisa membuat orang senang bahkan tertawa terbahak-bahak, disaat mereka membaca artikel yang kita tulis, raut muka pembaca haruslah tampak berseri dan merasa nyaman berada lama di Blog Anda.

6. Jangan terlalu mendikte, ketika kita menulis beradalah sejajar dengan pembaca dalam artian kita tidak memvonis mereka atau siapapun dalam artikel yang ditulis.

7. Gunakan gambar, ketika menulis sebuah artikel jika memungkinkan tempatkanlah gambar yang  unik namun harus diingat jangan sekali-kali memasang gambar yang bukan buatan anda sendiri karena itu melanggar hak cipta walupun gambar yang sangat sederhana sekalipun kecuali memasang gambar yang benar-benar free sesuai TOS dari masing-masing pembuat gambar atau setidaknya ada ijin dari pembuat gambar.

8. Menulislah ketika mood Anda sedang dalam keadaan baik, percaya atau tidak kondisi ini sangat perpengaruh pada hasil artikel yang ditulis, ketika mood sedang tidak baik hasil tulisan akan terlihat kasar, mendoktrin, menyalahkan orang lain dll tapi ketika menulis dalam keadaan suasana hati dan pikiran sedang baik hasilnya akan indah penuh dengan kata-kata yang menyenangkan dan rasional :)

Secara keseluruhan apa yang tertulis di blog adalah pencerminan karakter yang Anda miliki, apakah Anda seorang pemarah, penyabar, penuh kasih sayang, orang yang berani dll akan terlihat pada gambaran umum blog.

Terkadang tidak sedikit ketika kita membaca tulisan orang lain dimana isinya hanya berkeluh kesah baik berkeluh kesah pada diri sendiri maupun berkeluh kesah atas apa yang orang lain alami.

Untuk jadi blogger yang menarik dalam jangka waktu yang lama, menulislah dengan kesenangan dan keindahan disertai tulisan yang bisa dipertanggung jawabkan, isi tulisan dengan hal-hal yang positif dan bermanfaat bagi para pembaca :)