Cara Konfigurasi dan Kegunaan Child Name Server

dibawah ini adalah Cara Konfigurasi dan Kegunaan Child Name Server namun sebelumnya akan kita bahas sekelumit apa itu Child Name Server, Pengertian Child Name Server kurang lebih adalah Nama Server yang terdaftar dengan Registry di bawah nama domain Anda, sebelum bisa membuat Child Name Server Anda harus sudah memiliki nama domain terlebih dahulu, Child Name Servers dapat didaftarkan hanya oleh pemilik dari nama domain di mana mereka terdaftar.

contoh: Sebuah Child Name Server ns5.zczczczc132.com hanya dapat didaftarkan oleh Pemilik zczczczc132.com

Child Name Server ini dapat digunakan agar Name Server yang tertera pada domain ingin dibedakan dengan Name Server sebenarnya ketika menggunakan sebuah hosting

Misalnya Anda menyewa shared hosting di zazazaza132.com maka name server secara umum adalah ns1.zazazaza132.com dan ns2.zazazaza132.com dikarenakan Anda mempunyai nama domain zbzbzbzb132.com kemudian ingin name server dirubah menjadi ns1.zbzbzbzb132.com dan ns2.zbzbzbzb132.com maka gunakan child name server

Kegunaan perubahan menggunakan child name server tergantung maksud dan tujuan masing-masing pemilik domain misalnya bisa saja ingin terlihat berdiri sendiri tidak tergantung ke server utama

Cara Konfigurasi Child Name Server tersebut adalah sebagai berikut :

1. Login ke panel domain ( bukan hosting ) jika tidak tahu link atau user dan password panel domain Anda silahkan tanyakan ke pihak penyeda domain tempat Anda sewa domain tersebut.

2. Pilih menu Child Name Server kemudian isi bagian Host Name dengan Name Server yang diinginkan misal ns1.zbzbzbzb132.com dan isi bagian IP dengan alamat IP server kemudian klik save ( jika tidak mengetahui alamat IP silahkan tanyakan ke penyedia server ) kemudian tambahkan Child Name Server kedua misal ns2.zbzbzbzb132.com dan isi bagian IP dengan alamat IP server kemudian klik save ( jika tidak mengetahui alamat IP silahkan tanyakan ke penyedia server ) 

3. Setelah Child Name Server diisi selanjutnya klik bagian Name Server kemudian isi dua name server dengan child name server yang tadi sudah dibuat.

Untuk tata letak menu child name server dan name server di panel domain dan cara konfigurasinya mungkin berbeda-peda pada tiap-tiap penyedia domain namun intinya sama yaitu tentukan child name server beserta IP dan isi bagian name server dengan name server yang sudah dibuat di child name server.

Jika cara merubah child name server tetap membuat Anda bingung silahkan minta bantuan ke pihak penyedia domain dan pasti mereka akan bantu dan akan lebih cepat dalam pemerosesan.

Begitulah artikel singkat tentang Cara Konfigurasi dan Kegunaan Child Name Server , mudah bukan ?

Oh ya, apa itu Name Server ? Name server dapat diartikan nama yang mengarahkan sebuah domain ke server yang ingin dituju, bahasa mudahnya dikarenakan domain dan server terpisah maka perlu nama pengalamatan agar domain tersebut mengarah kesebuah server.

Semoga bermanfaat.