Apa Itu Teknologi 4G

Apa Itu Teknologi 4G

Ketika berbicara tentang 4G kemudian muncul pertanyaan apa itu teknologi 4G, 4G singkatan dari Generasi Keempat merupakan teknologi generasi keempat pada dasarnya adalah terusan dari 3G dimana kecepatan 4G lebih besar dari 3G.

Sampai saat ini tidak ada yang tahu persis definisi 4G, beberapa orang mengatakan bahwa 4G adalah tekhnologi masa depan,harapan dari lahirnya teknologi 4G adalah kualitas kecepatan ketika akses Audio Video dalam kualitas tinggi.

Teknologi yang masuk dalam kategori 4G adalah UMTS, OFDM, SDR, TD-SCDMA, MIMO dan WiMAX dalam batas tertentu.

UMTS : Universal Mobile Telecommunication System biasa disebut juga Wideband Code-Division Multiple Access atau WCDMA.

OFDM : Orthogonal frequency-division multiplexing merupakan metode pengkodean data digital pada beberapa frekuensi, OFDM telah berkembang menjadi sebuah skema populer untuk komunikasi digital wideband, apakah nirkabel atau kabel, yang digunakan dalam aplikasi seperti televisi digital dan audio penyiaran, DSL akses broadband internet, jaringan nirkabel, dan komunikasi mobile 4G.

SDR : Software-defined radio adalah salah satu bentuk arsitektur nirkabel terbuka (OWA). Karena 4G adalah kumpulan standar nirkabel, bentuk akhir dari perangkat 4G akan merupakan berbagai standar, Hal ini dapat diwujudkan secara efisien menggunakan teknologi SDR, yang dikategorikan ke daerah konvergensi radio.

TD-SCDMA : Time Division Synchronous Code Division Multiple Access atau UTRA / UMTS-TDD 1,28 Mcps Chip Tingkat Rendah (LCR), adalah sebuah antarmuka nirkabel ditemukan dalam jaringan telekomunikasi selular UMTS di China sebagai alternatif untuk W-CDMA. Bersama dengan TD-CDMA, juga dikenal sebagai UMTS-TDD atau IMT 2000 Time-Division.

MIMO : multiple-input and multiple-output adalah penggunaan beberapa antena pada kedua pemancar dan penerima untuk meningkatkan kinerja komunikasi. Ini adalah salah satu dari beberapa bentuk teknologi antena cerdas, teknologi MIMO telah menarik perhatian dalam komunikasi nirkabel, karena menawarkan peningkatan yang signifikan dalam jangkauan throughput data dan link tanpa bandwidth tambahan.

WiMAX : Worldwide Interoperability for Microwave Access komunikasi nirkabel yang dirancang untuk menyediakan kecepatan data 30 sampai 40 megabit per detik, nama "WiMAX" diciptakan oleh Forum WiMAX, yang dibentuk pada bulan Juni 2001 untuk mempromosikan kesesuaian dan interoperabilitas dari standar, forum ini menggambarkan WiMAX sebagai "teknologi berbasis standar yang memungkinkan pengiriman akses broadband last mile nirkabel sebagai alternatif kabel dan DSL.

4G menawarkan kecepatan data yang tinggi sampai 100 Mbps untuk pengguna ponsel yang akan menghasilkan tren baru untuk pasar telekomunikasi, secara tekhnis teknologinya digunakan oleh provider dunia yang dikenal dengan LTE ( Long Term Evolution ) namun saat ini belum ada yang benar-benar mampu memenuhi kriteria 4G.

di Indonesia sendiri sudah ada Provider yang siap menyambut teknologi 4G yang berbasiskan LTE yaitu Telkomsel, Harapannya teknologi LTE bisa menjawa kebutuhan atas kecepatan koneksi internet mobile dengan kapasitas jaringan yang lebih tinggi.

dari berbagai sumber