Persiapan Membuat Website Toko Online Bagi Pemula

Persiapan Membuat Website Toko Online Bagi Pemula - Pada zaman sekarang siapa yang tidak tahu dengan Webiste Toko Online terutama di daerah perkotaan hampir semu jika ditanya apakah tahu itu apa website toko online ? jawaban nya pasti ya saya tahu tentang website toko online.

Mengapa website toko online semakin lama bisa semakin terkenal ? tentu saja itu dikarenakan website toko online masuk pada jenis atau media yang searah dengan perkembangan tekhnologi terutama tekhnologi internet yang begitu pesat yang bisa diakses kapan saja dan dimana saja selama tersambung dengan koneksi internet.

Website Toko online bagi kalangan pebisnis merupakan sebuah peluang besar untuk mempromosikan produk yang mereka tawarkan karena produk yang mereka tawarkan bisa lebih diketahui oleh banyak orang sehingga penjualan mereka lebih meningkat dan menghasilkan keuntungan besar.

Lalau bagaimana bagi kita yang belum memiliki website toko online dan ingin mulai membuat toko online sendiri, apa saja persiapan membuat toko online dan bagaimana memperkenalkan toko online yang sudah dibuat ke khalayak luas ?

dibawah ini akan saya bahas tahapan-tahapan persiapan membuat website toko online bagi pemula.

  • Ketahui jenis produk yang akan dijual. jenis produk yang akan dijual melalui website toko online biasanya secara umum adalah jenis produk barang dan jenis produk jasa, mengapa kita harus mengetahui jenis produk yang akan kita jual, dengan mengetahu jenis produk yang akan kita jual maka kita bisa menentukan platform, materi atau system yang akan diterapkan atau yang akan ditambahkan di toko online tersebut.
  • Tentukan nama toko online. sama halnya dengan kita ketika ingin membuka sebuah toko konvensional ( offline ) maka kita perlu menamai toko kita, penamaan di internet sering disebut dengan nama domain, dalam menentukan nama domain sebaiknya pilih nama domain sesuai dengan produk yang ingin dijual agar orang selalu ingat dan mudah untuk mengunjungi toko online kita berikutnya.
  • Beli tempat untuk menyimpan toko online. setelah nama toko online kita tentukan selanjutnya kita harus punya tempat untuk membangun website toko online tersebut di internet tempat tersebut sering disebut hosting atau web hosting.

Web Hosting ini adalah sebuah tempat yang di dalamnya terdapat perangkat-perangkat untuk membuat sebuah website termasuk webiste toko online di dlamnya juga tersedia perangkat lain seperti pembuatan akun email, atau bisa dijadikan hanya untuk menyimpan data saja.
  • Buat atau konfigurasi toko online anda. setelah nama ditentukan, tempat sudah kita miliki lalu selanjutnya buat toko online anda, beberapa platform yang sering dipakai untuk membuat website toko online adalah opencart, prestashop, zencart dll.
  • Promosikan, setelah website toko online dibuat tentu tidak bisa kita diamkan begitu saja namun kita perlu upaya agar website toko online yang sudah kita buat bisa dikenal banyak orang, cara mempromosikan webiste toko online ada berbagai macam cara, bisa melalui media online dengan menggunakan jasa pasang iklan gratis atau menggunakan jasa iklan berbayar seperti google adwords ( sangat disarankan menggunakan layanan periklanan dari google )

Setelah website toko online anda berjalan jangan lupa kelola toko online anda sebaik-baiknya, lakukan update informasi supaya calon pelanggan tidak mendapatkan informasi tidak tepat atas produk yang anda jual, berikan support terbaik dan jaga kepercayaan calon pembeli ataupun yang sudah pernah membeli.

Kesimpulan :

  • Ketahui jenis produk yang akan dijual

  • Tentukan nama website toko online

  • Beli tempat untuk menyimpan website toko online

  • Buat atau konfigurasi website toko online

  • Promosikan website toko online anda

  • Kelola dengan baik toko online anda, jaga kualitas dan kepercayaan konsumen

Langkah-langkah tekhnis membuat website toko online akan saya bahas pada artikel selanjutnya, karena pada beberapa artikel berikutnya saya akan khusus membahas tentang cara membuat website toko online. jadi ikuti terus perkembangannya di infosagala.com