Cara Konfigurasi Toko Online

Cara Konfigurasi Toko Online,- Setelah pada artikel sebelumnya kita mengetahui secara umum garis besar seputar toko online, persiapan membuat toko online, memesan domain, memesan hosting dan install toko online kini saat nya kita masuk ke cara konfigurasi toko online opencart yang sudah kita install sebelumnya.

Setelah kita login ke admin toko online kita ada beberapa hal penting yang perlu diketahui yaitu tentang setting yang di dalamnya terdapat tahapan-tahapan edit identitas, logo, slogan dll kemudian pada menu biaya pengiriman dan menu kategori serta katalog produk.

Penjelasan dari masing-masing menu tersebut sebagai berikut :

* Setting admin, setelah login klik menu sub menu setting di menu system lalu pada bagian your store klik edit yang di dalamnya terdapat Tab-ta seperti General, Store, Local, Option, Image, Mail, Fraud dan Server. yang penting untuk di edit adalah General, Store, Local, Option dan Image yang lainnya sementara bisa dibiarkan.

* Mata uang, klik sub menu currencies di sub menu localisation di menu system kemudian insert untuk menambahkan mata uang baru. currency title : Rp  Code : IDR

* Setting pengiriman, klik sub menu shipping di menu extensions lalu pilih/install cara pengiriman yang diinginkan pada umumnya yang sudah tersedia adalah flate rate dimana biaya pengiriman disamakan untuk semua kota, cara menambahkan pengiriman baru akan kita bahas di artikel selanjutnya.

* Setting Pembayaran, klik sub menu payment di menu extensions lalu pilih bank transfer jika menggunakan metode pembyaran bank transfer, secara default fasilitas ini belum dipasang di opencart maka di sebelah kanan klik install lalu silahkan edit.

* Buat kategori produk, klik sub menu categories di menu catalog, daftar kategori yang sudah ada bisa anda hapus atau edit, kategori ini nantinya diperuntukan untuk mengklompokan jenis-jenis produk yang akan di input.

* Buat produk, klik sub menu products di menu catalog kemudian klik insert dibagian kanan untuk memasukan produk baru, didalam nya terdapat beberapa tab silahkan disesuaikan/buat baru dan masukan jenis produk sesuai dengan jenis kategori yang sudah dibuat sebelumnya.

Tahapan awal Cara Konfigurasi Toko Online diatas adalah tahapan penting yang harus anda kuasai sebelum masuk ke tahapan selanjutnya, dengan konfigurasi diatas anda sudah bisa melakukan tes pembelian.

Jika ada hal lain yang ingin ditanyakan silahkan mengajukan komentar dibagian bawah.