Memantau Traffic Kunjungan Website atau Blog Melalui Android

Memantau Traffic Kunjungan Website atau Blog Melalui perangkat yang bisa diakses dengan mudah misalnya dengan menggunakan Smartphone Android merupakan sesuatu hal yang sangat penting bagi kita yang sehari-hari bergelut dengan dunia online  terutama bagi Anda yang khusus menjadikan bisnis online sebagai penghasilan utama, dibawah ini akan di bahas mengenai cara Memantau Traffic Kunjungan Website atau Blog Melalui Android menggunakan Analytics dari Google.

Banyak manfaat apabila kita bisa Memantau Traffic Kunjungan Website atau Blog Melalui Android, diantaranya melihat asal kunjungan dari :
  • Search Traffic : ( Kunjungan berdasarkan kata kunci )

  • Referral Traffic : ( Kunjungan dari web lain )

  • Direct Traffic : ( Kunjungan langsung ke web )

  • Live Monitoring : ( Melihat secara real time jumlah pengunjung yang sedang berada di web atau blog ) dll
Data diatas bisa dilihat secara tulisan maupun secara Grafik

Mungkin beberapa dari Anda menginginkan untuk mengetahui hal-hal diatas bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja selama terkoneksi ke internet, misalnya sambil nonton tv, tiduran, jalan-jalan, mengerjakan hal-hal lain yang tidak berhubungan dengan komputer.

Bagi Anda yang memiliki smartphone berbasis Android caranya cukup mudah, cukup pasang aplikasi Google Analytics dari Google Inc. atau gAnalytics dari e6bapps. melalui google play store

Sampai saat ini menurut Saya aplikasi ini yang paling cocok, baik di Android 2 atau 4 terlihat dengan jarang nya Force Close dan fitur yang cukup lengkap.

Perbedaan yang paling kentara dari dua aplikasi ini adalah Google Analytics dari Google Inc. bisa melihat jumlah pengunjung yang ada di website secara realtime sedangkan gAnalytics dari e6bapps masih belum bisa ( Update : gAnalytics dari e6bapps sudah bisa menampilkan jumlah kunjungan secara realtime dengan cara geser/slide layar kesebelah kanan ), kenapa Saya install dua-duanya selain alasan diatas ada beberapa fitur yang berbeda yang bisa Anda coba sendiri.

Untuk mendapatkan hal diatas tentu tidak hanya install aplikasi namun perlu juga pasang Analytics script atau plugin di website atau blog, cranya adalah sebagai berikut :

  • Akses google.com/analytics/ kemudian SigIn ( jika belum punya akun google silahkan buat dahulu )

  • Klik tab Admin pada sudut kanan atas kemudian klik New Account

  • Pilih apakah Anda ingin melacak Web atau Aplikasi

  • Pilih Website, masukan nama website dan URL

  • Pilih kategori

  • Pada setelan berbagi data pilih opsi yang Anda inginkan

  • Pilih Zona Waktu

  • Masukan nama yang ingin digunakan untuk akun tersebut

  • Kemudian klik Get Tracking ID

Setelah selesai membuat akun baru kemudian klik Account List dan pilih nama akun analytics yang tadi sudah dibuat dan pada sudut kanan klik admin maka akan muncul tab-tab baru kemudian pilih Tracking Info maka di bagian bawah akan terlihat tulisan This is your tracking code. Copy and paste it into the code of every page you want to track. Save code tersebut.

Setelah Code tracking kita dapatkan kemudian pasang di web, bisa pasang di index.php, index.html atau bagi yang menggunakan joomla bisa pasa di footer menggunakan Custom module HTML dan paste code tersebut atau jika di wordpress bisa menggunakan plugin dan masukan ID Analytics atau bisa juga paste di footer.php di template wordpress yang Anda gunakan.


Selamat mencoba.